Pesan Khusus Jokowi kepada Guru

Presiden Jokowi di Sentul, Bogor, Minggu, 27 November 2016.
Sumber :
  • Ade Alfath - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Presiden RI Joko Widodo menyampaikan pesan khusus kepada para guru di seluruh Indonesia, terkait pentingnya menjaga keberagaman dan prinsip Bhinneka Tunggal Ika. 

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Jokowi meminta, para guru mengajarkan kepada anak didiknya bahwa seluruh masyarakat Indonesia bersaudara, meski terdiri dari berbagai suku dan agama.

"Kenapa saya sampaikan? Karena Bapak Ibu guru lah yang bisa membimbing dan mengisi anak didik kita untuk mengajarkan bahwa Indonesia adalah negara yang beragam," kata Jokowi dalam acara Puncak Peringatan Hari Guru Nasional di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu 27 November 2016.

Jokowi Didampingi 2 Menteri dari PDIP ke BSD, Hadiri Acara Ini

Menurut Jokowi, keberagaman yang ada di Indonesia merupakan anugerah dari Tuhan yang harus dirawat. Tidak ada negara mana pun yang memiliki 17 ribu pulau, 516 Kabupaten/ Kota dan 34 Provinsi. Indonesia juga mempunyai setidaknya 700 suku dan 1100 bahasa lokal.

"Saya sampaikan ini karena saya telah merasakan sendiri perbedaan itu dari ujung Sabang hingga timur Merauke. Satu provinsi saja ada salam lokal yang berbeda-beda," katanya menambahkan.

Jokowi Tegaskan Tidak Bentuk Tim Transisi untuk Prabowo-Gibran, Kecuali Diminta

Untuk itu, para guru diminta mengajarkan pemahaman keberagaman itu kepada anak didiknya, agar masyarakat Indonesia senantiasa hidup rukun dan damai satu sama lain.

"Kepada bapak Ibu guru lah saya menyampaikan ini agar anak didik kita, bangsa ini ke depan tetap satu dalam keadaan apa pun," ujar Jokowi berharap.

(mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya