Risma Yakin Pembangunan Trem Surabaya Dimulai 2017

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.
Sumber :
  • Januar Adi

VIVA.co.id – Pembangunan Angkutan Massa Ceta (AMC) trem di Surabaya sempat disebut Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini atau Risma, terancam tertunda. Alasannya, pemerintah pusat tidak memiliki dana untuk membangun trem tersebut.

Begini Reaksi Wali Kota Surabaya, Risma Usai Diajak Nyoba Lamborghini

Namun, baru-baru ini, Risma mengatakan, jika harapan untuk membangun trem Surabaya bisa diwujudkan lagi.

"Bahkan, pembangunannya bisa dimulai tahun 2017 mendatang," kata Risma, di Surabaya, Sabtu, 26 November 2016.

Risma Menangis dan Bersujud ke IDI: Saya Tak Pantas Jadi Wali Kota

Risma melanjutkan, dia telah bertemu dengan pemerintah pusat beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan itu, pembahasan terkait pembangunan trem sudah tuntas.

"Sekarang tinggal menunggu Peraturan Presiden (Perpres) saja, di mana di dalamnya memang masih ada beberapa poin yang harus dimatangkan," ujar Risma.

COVID-19: Toyota Indonesia Siapkan Layanan Transportasi Terkoneksi

Sedangkan dana yang digunakan untuk pembangunan fisik jalur transportasi itu adalah dana APBN. Namun, untuk prasarananya seperti gerbong, akan menggunakan dana dari APBD Kota Surabaya.

"Kemampuan APBD kita mencapai Rp300 miliar. Tapi untuk selanjutnya nanti saya komunikasikan dengan DPRD Kota Surabaya dulu," kata Risma.

Sebelumnya, proyek trem itu terancam tertunda. Alasannya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, pernah menyampaikan jika pemerintah pusat tidak memiliki dana untuk membangun sistem transportasi trem di Surabaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya