Pemerintah Bangun Universitas Islam Internasional Indonesia

Menteri Sekretaris Negara Pratikno.
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, Pemerintah Indonesia berencana mendirikan Universitas Islam Internasional Indonesia. Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, telah menyampaikan perihal pendirian universitas tersebut kepada Presiden Joko Widodo dan sudah dikeluarkan Peraturan Presiden.

Pentingnya Memberikan Pendidikan Moral dan Karakter Anak Sejak Dini

"Presiden sudah menerbitkan Perpres tentang pendirian Universitas Islam Internasional Indonesia. Lokasinya di pinggiran Jakarta yaitu ada di bekas kantor Diklat RRI," kata Pratikno usai menghadiri acara wisuda di Universitas Muhammadiyah Malang, Sabtu, 26 November 2016.

Pratikno mengatakan, Universitas Islam Internasional Indonesia diharapkan mampu menjadikan Indonesia sebagai negara pembelajaran Islam di dunia. Selain itu, pendirian universitas ini merupakan buah dari diplomasi pemerintah Indonesia dengan negara-negara lain yang menginginkan berdirinya Universitas Islam Internasional Indonesia ini.

Alternatif Menanggulangi Kekerasan di Dunia Pendidikan

"Indonesia lah negara Islam terbesar dunia yang demokratis. Di Indonesia kita Berbhinneka Tunggal Ika, toleran dan sosial. Sementara di banyak negara Timur Tengah 100 persen Islam, kemudian satu etnis, satu bahasa, tapi kesulitan dengan masalah tersebut," ujar Pratikno.

Diharapkan pendirian Universitas Islam Internasional Indonesia, mampu mengenalkan Islam yang toleran dan moderat kepada dunia.

Menciptakan Ruang Pendidikan Semakin Ramah, Aman dan Nyaman

"Harapannya tidak hanya lulus sebagai sarjana tapi bisa mendefinisikan sebuah gagasan Islam yang demokratis, moderat dan toleran," kata Pratikno.

 

Sumber : Pixabay.com

Merdeka Belajar dan Keterbaikan Masa Depan Bangsa

Pendidikan merupakan aspek inti yang kemudian juga menopang aspek lain dalam kehidupan seperti aspek sosial, ekonomi, politik, sampai agama,

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024