Jusuf Kalla Persilakan Demo 2 Desember Digelar

Demo Ormas Islam, Indonesia Tanpa Maksiat
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla kembali mengungkapkan pandangannya terkait dengan rencana aksi demonstrasi massa pada 2 Desember 2016 mendatang. Menurutnya, demonstrasi massa tak masalah dilakukan. Tapi dengan satu catatan, proses penyampaian pendapat di muka umum itu haruslah secara damai.

M Kece Dituntut 10 Tahun Penjara

"Kalau ada koreksi atas suatu hal ya enggak apa-apa, asal damai. Sampaikan pandangan juga harus dengan damai, kita terima itu," ujar JK di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu 26 November 2016.

JK memahami bahwa suatu negara tanpa kritik dan saran dari masyarakat, tidak akan bisa berkembang. Sama halnya juga jika proses penyampaian kritik dan saran itu dengan kekerasan.

Marak Kasus Penistaan Agama di Pakistan, Perempuan Muda Divonis Mati

"Tanpa kiritikan dari masyarakat atau pandangan masyarakat, bangsa tidak berkembang. Tapi kalau dengan kekerasan, ya tentu negara ini akan alami kesulitan. Kita sendiri yang akan merasakannya," ungkap JK.

Karenanya, jalan terbaik, menurut JK, untuk menyampaikan kritik dan saran adalah dengan cara berdialog. Alasannya, dialog adalah wujud dari sebuah negara berdemokrasi.

"Ya tentu untuk dialog adalah satu hal yang baik. Kita sudah sering melakukan. Dialog kan memang inti suatu demokrasi," kata JK.

Ferdinand Hutahaean Tulis Surat Permohonan Maaf dari Penjara
Mantan Wapres Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum PMI

JK Sebut Penundaan Pemilu Langgar Konstitusi

JK mengingatkan untuk berhati-hati terhadap wacana penundaan Pemilu 2024. Konstitusi sudah mengamanatkan Pemilu digelar lima tahun sekali.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022