TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Jika Menutup Jalan, Polri Akan Bubarkan Aksi Demonstrasi

"Bisa dibubarkan kalau dia bertentangan Pasal 6."
Jika Menutup Jalan, Polri Akan Bubarkan Aksi Demonstrasi
Usai Jumatan, Massa Aksi 4 November Bergerak (ANTARA FOTO/Paramayuda)

VIVA.co.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan, jajarannya tak akan segan membubarkan aksi 2 Desember 2016, bila nantinya menutup jalan untuk menggelar Salat Jumat di sepanjang jalan protokol Ibu Kota, Sudirman-MH Thamrin.

Menurut Tito, menggelar aksi dengan menutup jalan dan mengganggu ketertiban umum tidak dibenarkan oleh Undang Undang sebagaimana diatur Pasal 6 dan Pasal 15 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1998 tentang Tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.
 
"Bisa dibubarkan kalau dia bertentangan Pasal 6. Kalau melawan petugas, nanti ada pasal-pasal lain," kata Jenderal Tito usai menghadiri Istighosah di Masjid Raya Al-Bantani, Serang, Banten, Jumat, 25 November 2016.

Untuk itu, guna mencegah pembubaran paksa dan bentrokan lebih luas, Tito terus mengintensifkan komunikasi dengan pihak-pihak yang akan menggelar aksi. Karena jika tetap dipaksakan menggelar Salat Jumat dengan cara menutup jalan, maka dapat mengganggu hak orang lain dan mengganggu ketertiban umum.

"Akan kita lakukan sambil komunikasi dengan teman-teman yang akan berdemonstrasi, mereka juga saya yakin mau berkomunikasi," ujarnya.

Gerakan Nasional Pengawal Fatma Majelis Ulama Indonesia (GNMF MUI) berencana akan kembali turun ke jalan apabila Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tak segera ditahan oleh pihak Kepolisian. GNMF MUI menuntut Ahok agar segera ditahan, usai ditetapkan sebagai tersangka kasus penistaan agama oleh Badan Reserse Kriminal Polri.

"Karena Ahok tak ditahan sampai sekarang, maka GNPF MUI memutuskan dengan aklamasi kesepakatan seluruh elemen, untuk gelar Aksi Bela Islam III, Jumat 2 Desember 2016," kata Ketua Dewan Pembina GNPF MUI, Habib Rizieq di AQL Islamic Center, Jalan Tebet Utara 1 No. 40, Jakarta Selatan, Jumat, 18 November 2016.

Bertema Aksi Bela Islam III, GNPF MUI yang tergabung dari sejumlah elemen masyarakat itu akan menggelar aksi pada Jumat, 2 Desember 2016 mendatang. Aksi dimulai dengan menggelar Salat Jumat akbar dan doa bersama di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman sampai Jalan M.H Thamrin, sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP