TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Cari Heli Bell, Tim SAR Dilengkapi Alat Canggih

"Diharapkan mampu dengan cepat menentukan posisi terakhir heli bell."
Cari Heli Bell, Tim SAR Dilengkapi Alat Canggih
Ilustrasi/Helikopter TNI (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVA.co.id – Proses pencarian terhadap Heli Bell milik Tentara Nasional Indonesia yang hilang kontak di Tarakan, Kalimantan Utara, pagi ini, 25 November 2016, dilanjutkan. Diperkirakan, helikopter yang hilang kontak sejak Kamis siang, 24 November 2016, itu, berada di kawasan hutan Long Bawan, Malinau, Kalimantan Utara.

Rencananya, penyisiran akan dilakukan dengan dua tim, yakni tim darat dan tim udara. Mereka akan memulai pencarian di sekitar koordinat terakhir terjadinya kontak dengan helikopter itu.

Berbagai peralatan canggih ikut dibawa tim, untuk memaksimalkan pencarian. Alat itu di antaranya basket rescue, personal locater beacon, man pack direction, dan telepon satelit.

Menurut Kepala Kantor SAR Balikpapan, Mujiono, salah satu alat yang akan berdampak vital adalah man pack direction. Alat yang mirip pipa putih ini berfungsi mencari sinyal gelombang tanda bahaya, yang terpancar dari emergency locater transmitter helikopter tersebut.

“Dengan peralatan canggih ini, `412 ep, sebelum dipastikan hilang kontak,” jelas Mujiono di kantornya, Jumat, 25 November 2016.

Sementara tim pencarian yang melakukan penyisiran dari udara, rencananya juga akan dibantu helikopter dari maskapai Pelita Air dan Susi Air. Kebetulan, helikopter kedua maskapai itu melintas pada jalur yang sama dengan Heli Bell 412.

Laporan: Iqbal Abdullah/ Balikpapan, Kalimantan Timur

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP