TUTUP
TUTUP
NASIONAL

10 Langkah Polisi Selesaikan Kasus Penistaan Agama Ahok

Masyarakat harus percaya pada polisi karena berkas segera dilimpahkan.
10 Langkah Polisi Selesaikan Kasus Penistaan Agama Ahok
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjalani pemeriksaan sebagai tersangka penistaan agama, di Bareskim Polri. ( ANTARA FOTO/Reno Esnir)

VIVA.co.id –  Penyidikan kasus dugaan penistaan agama dengan tersangka Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok masih terus bergulir di Badan Reserse Kriminal Polri. Wakil Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Kombes Agus Kurniady Sutistna mengatakan, dalam penanganan kasus penodaan agama itu, Polisi menetapkan sejumlah langkah.

"Ada sepuluh langkah yang ditempuh Polisi," kata Agus saat dialog Polri yang bertajuk Bedah Kasus Penistaan Agama di Indonesia, Kamis, 24 November 2016.

Agus menjelaskan, langkah pertama berawal dari laporan polisi yang diterima atas kasus tersebut, untuk kemudian dilakukan proses penyelidikan. Mulai dari tahapan-tahapan pemeriksaan keterangan saksi, ahli dan mengumpulkan barang bukti.

"Kemudian langkah ketiga melaksanakan gelar perkara, untuk menentukan ada tidaknya tindak pidana yang terkait," ujarnya.

Kemudian, setelah ditingkatkan ke tahap penyidikan, dengan melakukan langkah-langkah untuk memeriksa keterangan saksi-saksi, ahli, pelapor dan menyita barang bukti.

"Kemudian kelima melakukan. Gelar perkara, memeriksa terlapor. Keenam memeriksa tersangka," katanya.

Langkah ketujuh, yakni penyusunan berkas perkara, kemudian melakukan pelimpahan berkas perkara untuk tahap pertama kepada jaksa penuntut umum. Kemudian setelah pelimpahan tahap pertama, penyidik akan melengkapi berkas perkara sesuai dengan petunjuk dari jaksa penuntut umum.

"Kemudian, langkah kesepuluh, setelah P21, segera dilakukan tahap kedua, yaitu penyerahan tersangka dan barang bukti (kepada JPU). Pecayakan kepada kami penyidik, berkas akan segera dilimpahkan," katanya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP