TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
NASIONAL

Tolak UMK 2017, Buruh Blokir Akses Tol Bitung

"Kami menolak keras penetapan UMK yang menggunakan PP 78."
Tolak UMK 2017, Buruh Blokir Akses Tol Bitung
Buruh blokir akses jalan ke Tol Bitung, protes UMK 2017 (VIVA.co.id/Anisa Maulida)

VIVA.co.id – Ribuan buruh dari berbagai serikat di Provinsi Banten, yang tergabung dalam Aliansi Banten Darurat Upah, memblokir jalan dengan menduduki kawasan pintu masuk Tol Bitung, Curug, Tangerang, Banten, Kamis, 24 November 2016.

Pemblokiran ini dilakukan sebagai aksi penolakan terhadap penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota 2017 oleh Pemerintah Provinsi Banten, yang menggunakan indikator penetapan upah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

"Kami menolak keras penetapan UMK yang menggunakan PP 78," ujar Wardi, Kepala Bidang Advokasi Aliansi Banten Darurat Upah di sela-sela unjuk rasa.

Tak hanya itu, dia pun mengancam akan melakukan mogok nasional pada 2 Desember mendatang, jika hak mereka tidak dipenuhi.

"Jika Plt. Gubernur Banten (Nata Irawan-red) masih tidak menjalankan rekomendasi UMK dari kabupaten dan kota Tangerang, kami akan kerahkan massa lebih banyak lagi untuk mogok nasional," tegasnya.

Pantauan di lokasi, aksi tersebut menimbulkan kemacetan setidaknya sepanjang 4 kilometer. Tampak pula, polisi lalu lintas memberlakukan rekayasa lalu lintas agar tak menimbulkan kemacetan lebih panjang lagi. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP