Tolak UMK 2017, Buruh Blokir Akses Tol Bitung

Buruh blokir akses jalan ke Tol Bitung, protes UMK 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Maulida

VIVA.co.id – Ribuan buruh dari berbagai serikat di Provinsi Banten, yang tergabung dalam Aliansi Banten Darurat Upah, memblokir jalan dengan menduduki kawasan pintu masuk Tol Bitung, Curug, Tangerang, Banten, Kamis, 24 November 2016.

Ganjar Cerita Dicurhati Buruh soal UU Cipta Kerja: Tolong Pak Segera Review

Pemblokiran ini dilakukan sebagai aksi penolakan terhadap penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota 2017 oleh Pemerintah Provinsi Banten, yang menggunakan indikator penetapan upah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

"Kami menolak keras penetapan UMK yang menggunakan PP 78," ujar Wardi, Kepala Bidang Advokasi Aliansi Banten Darurat Upah di sela-sela unjuk rasa.

Resmi Jadi Anggota ITUC, KSPSI Siap Perjuangkan Hak Buruh RI ke Dunia Internasional

Tak hanya itu, dia pun mengancam akan melakukan mogok nasional pada 2 Desember mendatang, jika hak mereka tidak dipenuhi.

"Jika Plt. Gubernur Banten (Nata Irawan-red) masih tidak menjalankan rekomendasi UMK dari kabupaten dan kota Tangerang, kami akan kerahkan massa lebih banyak lagi untuk mogok nasional," tegasnya.

KSPSI Minta Pemerintah Mendengar: Harga Kebutuhan Naik, Sangat Wajar Buruh Tuntut Upah Layak!

Pantauan di lokasi, aksi tersebut menimbulkan kemacetan setidaknya sepanjang 4 kilometer. Tampak pula, polisi lalu lintas memberlakukan rekayasa lalu lintas agar tak menimbulkan kemacetan lebih panjang lagi. (ase)

Ganjar Pranowo, Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024

Ganjar Ingin Perempuan dan Disabilitas Tidak Diperlakukan Diskriminatif, Bisa Kerja dan Upah Layak

Calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo menyampaikan visi misi dalam debat capres kelima malam ini, Minggu, 4 Februari 2024.

img_title
VIVA.co.id
4 Februari 2024