Pengungsi Rohingya di Aceh Dipindah ke Medan

Imigran Rohingya asal Myanmar bersiap untuk direlokasi di tempat hunian sementara Desa Bayeun, Aceh Timur, Aceh, Jumat (11/11/2016).
Sumber :
  • ANTARA/Irwansyah Putra

VIVA.co.id – Puluhan pengungsi etnis Rohingya yang mengungsi dari Rakhine, Myanmar, dan terdampar di Aceh setahun lalu, dipindahkan ke Medan, Sumatera Utara. 

Top Trending: Derry Sulaiman Siap Tampung Imigran Rohingya, Ramalan 2024 Bakal Terjadi Perang

Pemindahan ini dilakukan menjelang keberangkatan mereka ke sejumlah negara penerima suaka, salah satunya Amerika Serikat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA.co.id, 77 pengungsi Rohingya yang sebelumnya ditempatkan di Aceh Timur semuanya berada di Kota Medan. Para pengungsi tersebut diberangkatkan secara bertahap oleh Kantor Imigrasi Kelas II Langsa.

Lagi, 50 Imigran Rohingya Mendarat di Aceh

Sementara itu, dari barak penampungan sementara Blang Adoe, Aceh Utara, sekitar 26 pengungsi Rohingya telah diberangkatkan ke Medan dalam tiga tahap.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Imigrasi kelas II A Lhokseumawe, Albert Djalius mengatakan,  semua pengungsi Rohingya akan dipindahkan ke Medan. Proses pemindahan ini rencananya akan selesai akhir Desember nanti.

Bobon Santoso Ogah Masak untuk Rohingya: Mending Masak Buat Saudara di Papua

Di Medan, para imigran akan diwawancarai sebelum mereka diberangkatkan ke Amerika Serikat. “Semuanya akan kami bawa ke Medan. Namun bertahap sesuai jadwal yang telah ditentukan,” kata Albert di kantornya, Kamis, 24 November 2016.

Amerika Serikat sebelumnya telah menyetujui menjadi negara ketiga, untuk menampung ratusan imigran Rohingya yang mencari suaka keluar dari Myanmar akibat meningkatnya konflik antarwarga di Rakhine. Awalnya mereka berencana mencari suaka ke Australia, tapi perahu yang mereka tumpangi terdampar di perairan sekitar Aceh.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya