TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Polda Jabar Tangani Dugaan Penistaan Pancasila Habib Rizieq

Kasus ini dilaporkan Sukmawati Soekarnoputri
Polda Jabar Tangani Dugaan Penistaan Pancasila Habib Rizieq
Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq (REUTERS/Iqro Rinaldi)

VIVA.co.id – Kepolisian Daerah Jawa Barat menerima berkas perkara dugaan penistaan terhadap Pancasila, dengan terlapor imam besar Front Pembela Islam, Rizieq Shihab. Kasus tersebut sebelumnya dilaporkan ke Badan Reserse Kriminal Mabes Polri.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Yusri Yunus, mengatakan pelimpahan kasus ini diterima dua hari lalu. Kasus ini dilaporkan Sukmawati Soekarnoputri.

"Baru dua hari lalu kita terima berkasnya. Pelapornya atas nama Sukmawati, itu tertanggal 27 Oktober 2016," ujar Yusri, di kantornya, Kamis, 24 November 2016.

Yusri menjelaskan, pelimpahan kasus terjadi berdasarkan lokasi kejadian dugaan penistaan Pancasila ini. Kasus tersebut saat ini ditangani penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat.

"Kasus ditangani Polda Jabar karena locus delicti-nya di wilayah Provinsi Jawa Barat. Untuk detail wilayah kabupaten atau kota mana nanti kita pelajari dulu berkasnya, baru kita publish lokasinya di mana," ujarnya.

Yusri mengatakan, kasus ini sementara ditindaklanjuti tidak secara komperehensif. "Kita pelajari dulu berkas dari Bareskrim Polri. Apakah memenuhi unsur atau tidak," katanya.

Bahkan, lanjut dia, langkah pemeriksaan saksi maupun terlapor saat ini belum menjadi prioritas penyidik. "Belum ada pemanggilan, baik saksi pelapor maupun saksi terlapor ataupun pihak lainnya yang berkaitan dalam kasus ini," terangnya.

Sebelumnya, Rizieq dilaporkan Sukmawati, terkait ucapannya dalam sebuah video di Youtube. Video yang ada sejak 2014 ini, diduga terjadi di daerah Jawa Barat.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP