TUTUP
TUTUP
NASIONAL

MUI: Demonstrasi 2 Desember Lebih Banyak Mudarat

Rencana unjuk rasa itu sudah disusupi banyak kepentingan.
MUI: Demonstrasi 2 Desember Lebih Banyak Mudarat
Ilustrasi/Demonstrasi penolakan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Jakarta beberapa waktu lalu yang digelar kelompok ormas Islam (REUTERS/Beawiharta)

VIVA.co.id - Majelis Ulama Indonesia Jawa Barat menilai rencana aksi demonstrasi besar-besaran pada 2 Desember 2016 lebih banyak dampak buruk daripada manfaatnya. Soalnya rencana unjuk rasa yang disebut kelanjutan aksi serupa pada 4 November 2016 itu telah disusupi banyak kepentingan, tak lagi murni tuntutan penegakan hukum.

"Aksinya sudah melenceng dari MUI. Kemudian juga aksinya ditumpangi sejumlah kepentingan sehingga dipastikan akan banyak mudarat (keburukan) dibandingkan maslahatnya (kebaikan; manfaat)," kata Ketua MUI Jawa Barat, Rachmat Safei, di Bandung, Jawa Barat, pada Kamis, 24 November 2016.

Jika warga muslim Jawa Barat bersikukuh akan berangkat ke Jakarta, MUI tidak bisa melarang. Warga dipersilakan berunjuk rasa tetapi tak menggunakan atribut MUI atau mengatasnamakan lembaga itu.

MUI juga mengimbau masyarakat agar menyampaikan pendapat dan aspirasi mereka tidak dengan demonstrasi tetapi dengan dialog atau musyawarah. Lembaga itu juga menghormati aparat penegak hukum yang sedang bekerja mengusut dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Gubernur nonaktif DKI Jakarta.

MUI juga menganjurkan kepada seluruh organisasi masyarakat untuk tidak ikut berunjuk rasa pada 2 Desember nanti. "Sebaiknya, saya harap, tidak berangkat ke Jakarta, terlebih aksi kali ini akan ditumpangi berbagai kepentingan. Jadi tidak murni isu tuntutan Ahok agar dipenjarakan," ujarnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP