TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Kambing Warga di Yogyakarta Diserang Hewan Misterius

"Kambing terluka di beberapa bagian, dan dihisap darahnya."
Kambing Warga di Yogyakarta Diserang Hewan Misterius
Ilustrasi/Ternak kambing (http://img.readtiger.com)

VIVA.co.id – Serangan hewan misterius terhadap ternak milik warga Gunungkidul, Yogyakarta semakin meluas. Jika sebelumnya hewan misterius menyerang ternak kambing milik warga di Kecamatan Purwosari, kini serangan meluas beralih ke wilayah Kecamatan Tepus.

Evi Nurcahyani, Kepala Desa Sidoharjo Tepus mengatakan, serangan misterius terhadap kambing sudah terjadi sejak Jumat 18 November 2016 hingga Selasa 22 November 2016, yang menyebabkan delapan ekor kambing mati dan satu kambing berhasil diselamatkan.

"Serangan hewan itu terjadi di beberapa dusun di wilayah kami, yakni di Dusun Pulegundes I, Puleireng dan Dusun Bengle II," katanya, Rabu, 23 November 2016.

Menurutnya binatang yang menyerang ternak warga adalah kawanan anjing liar yang selama ini berada di perbukitan di desa mereka. Terakhir serangan pada Selasa malam di dua dusun yakni Pulegundes I dan dua. Diakuinya warga memelihara kambing jauh dari pemukiman, sehingga sulit untuk melakukan pengawasan.

"Kambing terluka di beberapa bagian, dan dihisap darahnya," katanya.

Untuk beberapa hari terakhir, masyarakat melakukan ronda malam, dan membunyikan suara untuk mencegah serangan hewan liar tersebut. Namun demikian, sampai saat ini belum ada satu pun hewan liar tertangkap.

"Selain itu, kami juga mengimbau kepada warga untuk memindahkan ternak ke dekat pemukiman untuk menghindari serangan," katanya.

Kapolsek Tepus AKP Yulianto mengatakan, dengan kejadian ini pihaknya meminta masyarakat untuk mendekatkan kandang ke permukiman dan membuat kandang permanen untuk mencegah hewan buas masuk kandang.

"Biasanya serangan di wilayah barat, seperti Purwosari, dan sekarang ke Kecamatan Tepus. Sepertinya sudah menyebar," katanya.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP