TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Belanda Kembalikan Ribuan Artefak Indonesia

"Itu berasal dari koleksi besar artefak Indonesia di Delft."
Belanda Kembalikan Ribuan Artefak Indonesia
PM Belanda Mark Rutte kembalikan keris pada Presiden Joko Widodo. (VIVA.co.id/Agus Rahmat)

VIVA.co.id – Pemerintah Belanda mengembalikan benda pusaka asli Indonesia yang sudah tersimpan cukup lama di negeri tersebut pada Presiden Joko Widodo.

Pengembalian ini dilakukan saat kedua pimpinan negara itu, Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, memberikan pernyataan bersama di Istana Merdeka.

PM Rutte, secara simbolik menyerahkan keris, sebagai artefak milik Indonesia saat konferensi pers tengah berlangsung. Rutte mengatakan, kehadirannya ke Indonesia selain masalah hubungan bilateral, juga ingin mengembalikan benda pusaka.

"Itu berasal dari koleksi besar artefak Indonesia di Delft, koleksi Nusantara," kata PM Rutte, sembari memberi keris itu ke Presiden yang berdiri di sampingnya, dalam keterangan pers bersama, Jakarta, Rabu, 23 November 2016.

Menurut Rutte, keris itu akan menjadi pelopor pengembalian ribuan artefak asli Indonesia. "1.500 artefak akan kembali ke Indonesia dan keris ini adalah simbol pertama."

Setelah menerima keris sebagai simbol itu, Jokowi juga memberikan cenderamata. PM Rutte menerima langsung dan mengapresiasi hadiah ini.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP