Pesawat Tergelincir di Ilaga Papua Akibat Rem Tak Berfungsi

Pesawat Jhonline tergelincir di Ilaga Puncak Papua, Rabu (23/11/2016).
Sumber :
  • VIVA/Banjir Ambarita

VIVA.co.id – Pesawat Jhonline Air jenis Grand Caravan PK-JBR tergelincir di Bandara Aminggaru Ilaga Puncak, Rabu, 23 November 2016, sekitar pukul 08.30 WIT. Saat tergelincir, pesawat sempat mengeluarkan asap. Namun pemadam kebakaran berhasil memadamkannya.
 
Juru Bicara Polda Papua Kombes Patrige Renwarin mengatakan, asap keluar setelah pesawat berbenturan dengan pagar pembatas landasan. "Beruntung, pemadam langsung bisa memadamkannya," kata Patrige.

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

Menurut Patrige, awalnya, pesawat yang dipiloti Thimoty dan kopilot Deni Bagus melakukan touch di runway 25 dalam keadaan aman dan melaju kencang ke arah tengah runway.

Namun, pada saat melakukan pengereman, rem pesawat tidak berfungsi sehingga pesawat terus melaju kencang hingga menabrak pagar Bandara Aminggaru dan pesawat mengeluarkan asap. Kuat dugaan, pesawat tergelincir akibat rem tidak berfungsi.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Selanjutnya, anggota Paskhas yang berada di apron langsung menuju pesawat guna mengamankan pilot dan kopilot.

"Keduanya berhasil dievakuasi dari dalam pesawat dan tidak mengalami luka-luka," ujar Patrige.

Youtuber Bobon Santoso Mau Jual Alphard Demi Kasih Makan Orang Papua

Saat ini, porter juga sedang mengeluarkan muatan pesawat yakni barang sembako. Adapun kondisi pesawat, baling-balingnya rusak berat akibat benturan keras dengan pagar pembatas bandara. "Evakuasi ke apron masih berlangsung," katanya. (ase)

Tambang terbuka Grasberg yang sudah digali PT Freeport Indonesia. Kini operasional Freeport fokus ke tambang bawah tanah.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

PT Freeport Indonesia (PTFI) menyetorkan sekitar Rp 3,35 triliun bagian daerah, atas keuntungan bersih PTFI di tahun 2023.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024