TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Diberi Uang Rp100 Juta, Irman Gusman Anggap Suvenir

Uang suap Rp100 juta itu disimpan dalam bentuk bingkisan.
Diberi Uang Rp100 Juta, Irman Gusman Anggap Suvenir
Mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman bersama istrinya saat menjalani sidang tindak pidana korupsi beberapa waktu lalu. (VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar)

VIVA.co.id – Irman Gusman, tersangka suap distribusi gula impor di Sumatera Barat mengaku tidak mengetahui bingkisan yang diberikan CV Semesta Berjaya kepadanya adalah uang Rp100 juta.

Dalam kesaksiannya di Sidang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Selasa, 22 November 2016, mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI itu hanya menganggap pemberian yang dilakukan bos CV Semesta Berjaya Xaverindo Sutanto dan Memi adalah suvenir.

"Bu Memi bilang 'ini ada oleh-oleh'. Kan itu bentuknya dalam bungkusan. Kemudian langsung saya minta istri menyimpannya di kamar," kata Irman kepada majelis hakim.

Dan ketika dicecar jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mengapa tidak mengecek pemberian itu, Irman lalu berdalih bahwa ia sungkan membuka bungkisan di depan tamu.

"Saya tidak terpikir Yang Mulia (untuk buka). Karena dia (Memi) itu teman baik saya, saya kira itu suvenir khas dari Sumatera Barat," kata Irman.

Dan, tidak lama usai pemberian bingkisan berisi uang Rp100 juta itu, KPK pun tiba di kediaman Irman. Bingkisan itu pun dibuka dan ternyata berisi uang dengan pecahan Rp100 ribu. Irman, Memi dan Sutanto pun langsung dibawa ke kantor lembaga antirasuah untuk diperiksa lebih lanjut.

Dalam Dakwaan Jaksa KPK, Memi dan Xaveriandi Sutanto didakwa menyuap Ketua DPD RI Irman Gusman Rp100 juta supaya Irman mengupayakan Perum Bulog menjual gula Impor ke CV Semesta Berjaya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP