IPW Sebut Pemberantasan Pungli Harus Sampai ke Penyebabnya

Ilustrasi
Sumber :
  • istimewa

VIVA.co.id – Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta Pane mengemukakan, untuk mengatasi masalah pungutan liar tidak cukup hanya dengan melakukan operasi namun harus dicari solusi hingga ke penyebabnya.

Dewas Jatuhi Sanksi Berat untuk Tiga 'Bos' Pungli Rutan KPK, Sekaligus Minta Maaf Secara Terbuka

"Apakah karena mentalitas, minimnya dana operasional. Ini harus diperhatikan pemerintah. Kalau hanya diberantas tidak ada solusinya, tidak efektif," ujarnya dalam perbincangan di tvOne, Minggu pagi, 20 November 2016.

Neta menduga, hampir semua jasa pelayanan di negeri ini penuh dengan pungli. Lantaran itu, dia berharap, tim saber bisa memberantas pungli yang banyak menyangkut masyarakat tersebut. "Bukan pungli yang orang per orang," ujarnya. 

KPK Periksa 19 Napi Korupsi soal Kasus Pungli Rutan, Usut Penggunaan Ponsel untuk Pesan Makan

Sementara itu, seorang warga Syaeful berharap petugas saber tak hanya menindak pungli yang kecil tapi juga yang besar. Dia juga ingin pemberantasan pungli tidak hanya dilakukan saat ini tapi seterusnya. "Mudah-mudahan pungli tidak ada lagi," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Komisaris Besar Rikwanto mengemukakan, tim sapu bersih pungutan liar telah menerima sekitar 9.000 laporan pungli di berbagai instansi. Laporan itu diterima sejak tim berdiri hingga saat ini.

Eks Penyidik Robin Pattuju Diperiksa soal Kasus Pungli di Rutan KPK
Viral Trotoar Berbayar di Pejompongan Raya, Jakarta Pusat

Viral Pungli di Trotoar Depan Gedung DPR, Heru Budi: Sudah Ditertibkan

Viral di media sosial sekelompok pemuda melakukan pungutan liar (pungli) kepada para pemotor agar dapat melintasi trotoar di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024