TUTUP
TUTUP
NASIONAL

IPW Sebut Pemberantasan Pungli Harus Sampai ke Penyebabnya

"Kalau hanya diberantas tidak ada solusinya, tidak efektif."
IPW Sebut Pemberantasan Pungli Harus Sampai ke Penyebabnya
Ilustrasi pungli. (istimewa)

VIVA.co.id – Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta Pane mengemukakan, untuk mengatasi masalah pungutan liar tidak cukup hanya dengan melakukan operasi namun harus dicari solusi hingga ke penyebabnya.

"Apakah karena mentalitas, minimnya dana operasional. Ini harus diperhatikan pemerintah. Kalau hanya diberantas tidak ada solusinya, tidak efektif," ujarnya dalam perbincangan di tvOne, Minggu pagi, 20 November 2016.

Neta menduga, hampir semua jasa pelayanan di negeri ini penuh dengan pungli. Lantaran itu, dia berharap, tim saber bisa memberantas pungli yang banyak menyangkut masyarakat tersebut. "Bukan pungli yang orang per orang," ujarnya. 

Sementara itu, seorang warga Syaeful berharap petugas saber tak hanya menindak pungli yang kecil tapi juga yang besar. Dia juga ingin pemberantasan pungli tidak hanya dilakukan saat ini tapi seterusnya. "Mudah-mudahan pungli tidak ada lagi," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Komisaris Besar Rikwanto mengemukakan, tim sapu bersih pungutan liar telah menerima sekitar 9.000 laporan pungli di berbagai instansi. Laporan itu diterima sejak tim berdiri hingga saat ini.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP