TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Polisi: Tim Saber Terima 9.000 Laporan Pungli

Masyarakat yang menemukan pungli diminta untuk melapor ke petugas.
Polisi: Tim Saber Terima 9.000 Laporan Pungli
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Kombes Pol Rikwanto. (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVA.co.id – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Komisaris Besar Rikwanto mengemukakan, tim sapu bersih pungutan liar telah menerima sekitar 9.000 laporan pungli di berbagai instansi. Laporan itu diterima sejak tim berdiri hingga saat ini.

Selain laporan dari petugas, kata dia, tim juga memiliki satuan tugas intelijen yang menyelidiki pungli. "Tim tidak hanya menunggu laporan tapi juga mengintai," ujarnya dalam perbincangan di tvOne, Minggu, 20 November 2016.

Laporan yang masuk, menurut Rikwanto, juga datang dari masing-masing intansi. Mereka mengirimkan informasi ke tim saber pungli pusat untuk minta bagian tertentu di instansinya untuk diawasi. 

Menurut Rikwanto, masyarakat yang menemukan pungli dapat melaporkannya ke nomor hotline petugas, antara lain dengan mengirimkan pesan singkat (sms) ke nomor 0856 atau 1193. “Masyarakat yang melapor akan dilindungi,” ujarnya.

Satgas Saber Pungli resmi dibentuk setelah Presiden Joko Widodo melalui Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016, Jumat, 21 Oktober 2016. Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan menjadi penanggung jawab satgas ini. Sementara ketua pelaksana dipegang Inspektur Pengawasan Umum Polri.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP