TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Longsor di Bandung Barat, 116 Jiwa Diungsikan

Tujuh rumah rusak berat dan 28 rumah terancam longsor susulan.
Longsor di Bandung Barat, 116 Jiwa Diungsikan
Ilustrasi longsor. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

VIVA.co.id – Musibah longsor akibat hujan terjadi di Kampung Cikatomas RT 05/03 Desa Citatah Kecamatan Cipatat, Kabupaten Barat, Jawa Barat. Sebanyak 116 Jiwa terancam dan mau tak mau harus mengungsi menghindari longsor susulan.

Kepala Seksi (Kasie) Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, Alif Nur Anhar, menjelaskan pergerakan tanah itu terjadi pada Jumat malam, 18 November 2016.

"Akibatnya, tujuh rumah rusak berat, 28 rumah terancam. Pergerakan tanah terjadi akibat hujan deras," ujar Alif saat dikonfirmasi, Sabtu, 19 November 2016.

Alif mengatakan, hingga saat ini proses evakuasi yang melibatkan unsur terkait dan masyarakat setempat dilaksanakan. "Dibantu aparat kewilayahan, korban dievakuasi dan membersihkan material longsor secara manual," kata Alif.

Alif menambahkan, untuk menghindari longsor susulan, BPBD Kabupaten Barat mendirikan tenda pengungsian karena pergerakan tanah yang mengarah pada longsor susulan masih berpotensi.

"BPBD Kabupaten Bandung Barat telah mendirikan Tenda Pengungsian untuk masyarakat, karena pergerakan tanah sampai saat ini masih terjadi. Dalam insiden ini nihil korban jiwa," ucapnya. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP