Kikis Praktik Pungli, Menpan RB Janji Naikkan Gaji PNS

Menteri PAN-RB, Asman Abnur (kiri), saat meninjau gedung CCTV Monitoring Centre di Markas Polres Lamongan, Jawa Timur, pada Rabu, 19 Oktober 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur berencana menaikkan gaji Pegawai Negeri Sipil. Meski demikian hal itu akan diterapkan dengan sistem yang baru. 

Dewas Jatuhi Sanksi Berat untuk Tiga 'Bos' Pungli Rutan KPK, Sekaligus Minta Maaf Secara Terbuka

Asman masih enggan mengungkapkan sistem penggajian baru yang akan dilakukannya itu. Namun, kenaikan gaji itu akan dilakukan untuk mendorong peningkatan kinerja PNS.
 
"Nanti tunjangannya juga akan diberikan. Sehingga, antara yang malas dengan yang rajin akan diketahui lewat tunjangan kinerjanya itu," kata Asman, di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jumat, 18 November 2016. 

Asman berharap, dengan perubahan gaji itu, bisa mengikis adanya praktik pungutan liar (pungli) di birokrasi pemerintahan. Dia pun mengakui, saat ini ini praktik pungli di lingkungan birokrasi masih cukup banyak.

KPK Periksa 19 Napi Korupsi soal Kasus Pungli Rutan, Usut Penggunaan Ponsel untuk Pesan Makan

"Kalau sudah dinaikkan, saya yakin punglinya juga akan berkurang, dan mereka bisa bekerja secara profesional," ujar Asman.  

Viral Trotoar Berbayar di Pejompongan Raya, Jakarta Pusat

Viral Pungli di Trotoar Depan Gedung DPR, Heru Budi: Sudah Ditertibkan

Viral di media sosial sekelompok pemuda melakukan pungutan liar (pungli) kepada para pemotor agar dapat melintasi trotoar di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024