TUTUP
TUTUP
NASIONAL

BMKG: Isu Gempa 8,6 SR dan Tsunami di Jawa Timur Tidak Benar

Dalam isu itu disebutkan gempa akan terjadi hari ini.
BMKG: Isu Gempa 8,6 SR dan Tsunami di Jawa Timur Tidak Benar
Petugas BMKG Pantau gempa bumi.  ( ANTARA/Septianda Perdana)

VIVA.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meluruskan isu bakal terjadi gempa bumi besar berskala 8,6 Skala Richter dan gelombang tsunami di wilayah Jawa Timur, adalah bohong.

Dalam siaran tertulis di akun resmi Twitter BMKG, @InfoBMKG, Jumat, 18 November 2016, BMKG menyatakan isu tersebut tidak benar dan BMKG tidak pernah mengeluarkan berita seperti itu. 

BMKG menyatakan, Isu itu hanya untuk membohongi masyarakat karena tidak memiliki dasar ilmiah yang jelas.

Menurut BMKG, sampai saat ini, gempa tektonik belum bisa diprediksi dengan ilmiah secara baik. Dari sekian banyak isu serupa, tidak satupun yang terbukti. Karena itu, BMKG meminta isu itu tidak perlu dihiraukan.

Sebelumnya, beredar isu yang menyatakan, gempa besar diikuti gelombang tsunami bakal terjadi hari ini di wilayah pantai selatan Malang, Jember, Banyuwangi, Pacitan, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Tulungagung, Kediri dan wilayah lainnya.

Isu itu muncul setelah gempa berskala 6,2 SR mengguncang wilayah Malang, Jawa Timur, pada pukul 22.10 WIB, Rabu, 16 November 2016.

Gempa itu berpusat di 9.32 lintang selatan, 118.12 bujur timur, 127 kilometer tenggara Kabupaten Malang. Pusat gempa di kedalaman 69 kilometer.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP