TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
NASIONAL

Mendagri Targetkan RUU Pemilu Selesai Awal Mei 2017

RUU ini mesti diprioritaskan agar tak ganggu pelaksanaan Pemilu 2019.
Mendagri Targetkan RUU Pemilu Selesai Awal Mei 2017
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (VIVA.co.id/ Danar Dono)

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menargetkan Revisi Undang-Undang Penyelenggaraan Pemilu bisa dituntaskan Dewan Perwakilan Rakyat, awal Mei 2017 mendatang.

Target ini dibuat setelah ada kesepakatan antara pemerintah dan pimpinan DPR, untuk memprioritaskan penyelesaian RUU tersebut, sehingga tak mengganggu tahapan pelaksanaan Pemilu 2019, yang akan dimulai Juni 2017.

"Sepakat akhir April sampai awal Mei 2017 harus selesai. Agar kerja Komisi Pemilihan Umum dengan tahapan-tahapan pileg-pilpres serentak yang berjalan mulai Juni 2017 tidak terganggu," kata Tjahjo di kantor Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis, 17 November 2016.

RUU dinilai penting untuk bisa membawa perubahan signifkan dalam pelaksanaan Pemilu, dengan memperkuat sistem presidensial, mengakomodasi kepentingan masyarakat luas, terutama partai politik. 

"Revisi harus memperhatikan aspirasi masyarakat, keputusan Mahkamah Konstitusi dan partai politik yang mencalonkan anggota DPR, DPRD, presiden, wakil presiden, serta dinamika politik nasional lainnya," ungkap Tjahjo.

Untuk itu, pemerintah usul kepada para wakil rakyat di DPR, agar Undang-Undang yang direvisi oleh parlemen bisa dibatasi. Artinya, DPR diminta menentukan prioritas RUU yang akan dibahas untuk direvisi.

"Kemarin saya ketemu Ketua DPR, Wakil Ketua DPR. Saya atas nama pemerintah meminta tidak perlu banyak-banyak dibahas, yang penting-penting saja, yang bermanfaat atau prioritas demi kemaslahatan kepentingan rakyat, kalau perlu setahun 2-3 RUU saja yang dibahas," ujar dia.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP