Jokowi Soroti Nasib Buah Lokal

Presiden Joko Widodo bagikan pisang pada awak media di Fruit Indonesia 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo berkeinginan agar buah-buah hasil produksi asli lndonesia dapat merambah pasar lnternasional.Buah lokal mempunyai potensi besar untuk dijual di level internasional.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Usai membuka acara Fruit lndonesia di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Kamis 17 November 2016, Jokowi berharap buah lokal lndonesia yang sangat beragam bisa dijadikan kekuatan dengan memperbaiki sistem pengelolaannya yang kurang baik.

"Pasca panen yang misalnya dilakukan dengan dipotong, digunting dengan baik, kemudian diseleksi mana yang kualitas A, kualitas B, kualitas C, packaging, ini yang belum," ujar Jokowi.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

Jika pengelolaan dilakukan baik, tidak hanya bisa go internasional, Indonesia juga bisa mengurangi impor buah. "Oleh sebab itu, produksinya harus diperbanyak. Sudah bertahun-tahun kita impor buah, enggak lucu lah. Semua bisa kita kuatin di dalam negeri, buah-buah impor itu akan mental," sebut dia.

Jokowi mengaku bahwa dia telah menginstruksikan kepada Institusi Pertanian Bogor (IPB) untuk menyiapkan daerah-daerah dalam mengembangkan potensi tersebut.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

"Sudah saya perintahkan untuk memulai membangun daerah-daerah yang khusus yang mempunyai potensi untuk dikembangkan, luasnya antara 5 sampai 50 hektar, tadi sudah saya sampaikan kepada rektor IPB," kata Jokowi.

Presiden Jokowi dan Wapres KH. Ma'ruf Amin Serahkan Zakat

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan proses negosiasi pemerintah untuk menambah kepemilikan saham PT. Freeport Indonesia (PTFI) sebesar 10 persen masih berlangsung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024