TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Pematangsiantar Akhirnya Hari ini Gelar Pilkada

Bisa berlangsung setelah ditunda hampir satu tahun.
Pematangsiantar Akhirnya Hari ini Gelar Pilkada
Ilustrasi/Penyelenggaraan Pilkada serentak di Indonesia. (VIVA.co.id/ANTARA FOTO)

VIVA.co.id – Anggota Komisi Pemilihan Umum, Hasyim Asy'ari, meninjau langsung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Pematangsiantar, yang sempat tertunda hampir satu tahun. Hasyim langsung melihat pelaksanaan pencoblosan dan berinteraksi kepada masyarakat di Tempat Pemungutan Suara (TPS) setempat, Rabu, 16 November 2016.

Seharusnya pelaksanaan Pilkada Pematangsiantar dilaksanakan pada 9 Desember 2015. Namun, karena terkendala gugatan hukum, baru hari ini diselenggarakan Pilkada untuk memilih Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota Pematangsiantar.

Hasyim mengungkapkan dari pantauan yang dilakukan diri bersama tim KPU, tampak antusias masyarakat datang berama-ramai untuk datang ke TPS.

"Dari hasil kunjungan saya ke sejumlah TPS, saya melihat antusiasme masyarakat yang tinggi karena mereka telah menantikan pesta demokrasi yang ditunda sebelas bulan lamanya," kata Hasyim saat mengunjungi TPS di kompleks asrama polisi Jalan Asahan, Pematangsiantar, Sumatera Utara.

Dalam kunjungan tersebut, tampak pula Ketua KPU Sumatera Utara, Mulia Banurea, dan Ketua KPU Pematangsiantar, Mangasi Tua Purbajuga. Hasyim sudah menginstruksikan KPU Sumut dan KPU Pematangsiantar untuk mengawasi jalannya Pilkada tersebut agar lancar dan sukses.

"Terus mengawasi dan memastikan proses pemungutan suara berjalan dengan baik. Kita pun akan melakukan supervisi yang dibutuhkan KPU Pematangsiantar hingga proses Pilkada benar-benar usai kelak," katanya.

Sementara itu,Mulia mengimbau seluruh warga Pematangsiantar untuk bersama-sama mengawal proses Pilkada hingga usai. Proses rekapitulasi ini, lanjutnya, dapat dikawal secara langsung di situs milik KPU.

"Nanti malam setelah rekapitulasi, KPU akan menarik seluruh formulir C1. Setelah itu kita scan dan kirim ke KPU RI. Jadi hasil dari tiap TPS, 1x24 jam sudah bisa diakses," kata Mulia.

Ada empat pasang calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang bertarung dalam Pilkada Pematangsiantar. Keempat pasangan itu yakni Sujito-Djumadi, Hulman Sitorus-Hefriansyah Noor, Teddy Robinson Siahaan-Zainal Purba, dan Wesly Silalahi-Sailanto.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP