KPK Ancang-ancang Buru Koruptor yang Kabur ke Luar Negeri

Ketua KPK, Agus Rahardjo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id - Komisi Pemberantasan Korupsi berancang-ancang menjalin kerja sama dengan lembaga antikorupsi di negara lain. Kerja sama itu dapat membantu KPK karena banyak koruptor yang kabur ke luar negeri.

Rangkuman Gagasan Antikorupsi Anies, Prabowo dan Ganjar di PAKU Integritas KPK

"Itu supaya lebih mudah KPK ke depan memberantas korupsi," kata Ketua KPK Agus Rahardjo, saat berbicara dalam forum International Business Integrity Conference di Jakarta pada Rabu, 16 November 2016.

Kerja sama KPK dengan lembaga antikorupsi negara lain akan menambah wawasan untuk pemberantasan korupsi di Indonesia pada sektor korporasi. "Kami ingin mendapatkan masukan bagaimana memperbaiki ease of doing business (kemudahan berbisnis). Pencegahan harus dilakukan lebih baik lagi di masa mendatang," kata Agus.

Anies Puji Standar Etika Orang-orang KPK Dulu: Datang di Sebuah Tempat, Tak Asal Ikut Makan

Sebelumnya Wakil Presiden Jusuf Kalla, mengungkapkan banyak negara yang mempertanyakan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Menurutnya, pemerintah terus mengoptimalkannya, dan langkah itu telah terbukti efektif.

Bahkan ia menantang untuk mencari negara lain yang sama dengan Indonesia. Dalam lebih sepuluh tahun ada sekitar sembilan menteri dan mantan menteri masuk penjara. Ada sembilan belas gubernur dari Aceh sampai Papua, ada kira-kira 46 anggota DPR, ada tiga ketua partai politik.

Tak Hanya Ingin Revisi UU KPK, Anies Ingin Kembalikan Orang-orang Berintegritas ke KPK

“Hampir semua pimpinan lembaga tinggi juga masuk penjara. Jadi kalau ada negara lain yang mempertanyakan apa langkah Indonesia memberantas korupsi, kasih saja data itu," katanya.

Gedung Bappenas / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

Bappenas Bantah Rumor Peleburan KPK dengan Ombudsman

Bappenas membantah kabar yang menyebut bahwa pihaknya tengah membahas rencana peleburan antara KPK dan Ombudsman. Pemerintah memperkuat infrastruktur antikorupsi.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024