TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Bandung Siap Menjadi Kota Jelajah 3Ends

Acara akan berlangsung mulai 19 dan 20 November 2016.
Bandung Siap Menjadi Kota Jelajah 3Ends
Jelajah Three Ends 'Mama Yo Menjawab' 2016

VIVA.co.id – Setelah serangkaian acara sosialisasi program 3Ends di Jailolo dan Kabupaten Belitung,  kini Bandung tengah bersiap untuk menjadi saksi acara puncak Jelajah 3Ends.

3Ends sendiri merupakan program Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang bertujuan untuk upaya mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, mengakhiri perdagangan orang dan mengakhiri ketidakadilan akses ekonomi untuk perempuan.

Pada dasarnya secara garis besar KPPPA bersama Pemerintahan Kota Bandung memberikan fokus utama kepada konseling terhadap kekerasan dalam rumah tangga, pendampingan terhadap korban kekerasan dalam rumah tangga, dan penanganan terapi terhadap trauma kekerasan dalam rumah tangga. Selain itu kolaborasi pemerintah ini juga berfokus pada penanganan korban perdagangan orang yang sangat kompleks. Begitu pula dengan akses kaum perempuan terhadap perekonomian juga terus dikedepankan.

Berdasarkan percakapan Tim VIVA.co.id bersama Ibu Entin, selaku Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, acara Jelajah 3Ends sendiri akan diadakan pada tanggal 19 dan puncak acara akan digelar pada 20 November 2016 di Balaikota Bandung.

“Acara tersebut berlangsung pada 19 dan 20 November 2016 dan memiliki beberapa rangkaian acara,” ujar Entin.

Serangkaian acara tanggal 19 November 2016 antara lain adalah seminar yang akan diadakan di Savoy Homann Hotel dan ‘Jelajah 3Ends’ yang terdiri dari tiga rangkaian perjalanan yang rencananya akan dimulai dari Taman Musik menuju Taman Cibeunying dan berakhir di Cikapundung Riverspot.

Untuk rangkaian pertama direncanakan di Taman Musik, tema yang diangkat adalah ‘akhiri perdagangan orang’, yang bertitik berat pada upaya pemerintah terhadap KDRT yang terjadi pada anak dan perempuan. Untuk tema rangkaian kedua adalah ‘akhiri ketidakadilan akses ekonomi untuk perempuan’ yang akan diselenggarakan di Taman Cibeunying.

Sedangkan rangkaian ketiga adalah bertemakan ‘akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak’ yang berlokasi di Cikapundung Riversport

“Penutupan serangkaian acara hari pertama adalah dengan pembuatan ‘Lorong 3Ends’ sepanjang Jalan Asia Afrika hingga Cikapundung Riversport. Nantinya setiap tepi lorong akan dipamerkan berbagai gambaran dari nilai-nilai 3Ends sendiri,” ujar Entin.

Masuk ke tanggal 20 November 2016 yang merupakan puncak acara ‘Jelajah 3Ends’ yang akan dihadiri oleh Ibu Yohana Yembise selaku Menteri KPPPA, Ibu Puan Maharani selaku Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Bapak Ahmad Heryawan selaku Gubernur Jawa Barat, dan Bapak Ridwan Kamil selaku Walikota Bandung. (Mohammad Surya Gemilang)  (webtorial) 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP