Ridwan Kamil: Banjir Bandung akibat Sampah dan Tata Ruang

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA.co.id – Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, menyebut sejumlah faktor yang menyebabkan banjir di Kota Bandung. Selain disebabkan curah hujan yang sedang tinggi, kondisi geografis Bandung juga menjadi sebab terjadi banjir.

Ridwan Kamil: Covid-19 Penyakit Orang Kota

"Ini sedang ada musim ekstrim. Yang banjir tidak hanya Bandung. Ada juga di daerah Sukabumi, sedang ada di Garut, Subang," kata Ridwan Kamil di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 15 November 2016.

Pejabat yang akrab disapa Kang Emil ini mengakui Kota Bandung berada di daerah cekungan, sehingga ketika curah hujan tinggi rentan terjadi banjir. "Sumber airnya bukan ada di Bandung tapi ada di wilayah kabupaten di atasnya," ujarnya.

Ridwan Kamil Setop PSBB di Jawa Barat, Kecuali Bodebek

Menurut Emil, setidaknya ada delapan faktor utama yang mengakibatkan banjir di Bandung. Salah satunya adalah masalah sampah dan tata ruang.

"Jadi kesimpulannya, jangan dikit-dikit 'oh ini', gorong-gorong enggak sesederhana diatasi," ujarnya.

Ridwan Kamil Tawarkan Proyek Investasi di Jabar Rp700 Triliun

Untuk mengatasinya, Emil mengatakan Pemkot Bandung perlu berkoordinasi lagi dengan pemda di sekitar. Setidaknya ada lima pemerintah daerah di bawah Pemprov Jabar yang mengitari Bandung.

"Kami kerja terus di-bully atau dipuji kami enggak peduli, karena memang kami kerja terus dengan keterbatasan anggaran mencicil perbaikan sistem itu," ujarnya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya