TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Ridwan Kamil: Banjir Bandung akibat Sampah dan Tata Ruang

Wali Kota Ridwan Kamil paparkan delapan faktor banjir di Kota Bandung.
Ridwan Kamil: Banjir Bandung akibat Sampah dan Tata Ruang
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. (ANTARA)

VIVA.co.id – Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, menyebut sejumlah faktor yang menyebabkan banjir di Kota Bandung. Selain disebabkan curah hujan yang sedang tinggi, kondisi geografis Bandung juga menjadi sebab terjadi banjir.

"Ini sedang ada musim ekstrim. Yang banjir tidak hanya Bandung. Ada juga di daerah Sukabumi, sedang ada di Garut, Subang," kata Ridwan Kamil di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 15 November 2016.

Pejabat yang akrab disapa Kang Emil ini mengakui Kota Bandung berada di daerah cekungan, sehingga ketika curah hujan tinggi rentan terjadi banjir. "Sumber airnya bukan ada di Bandung tapi ada di wilayah kabupaten di atasnya," ujarnya.

Menurut Emil, setidaknya ada delapan faktor utama yang mengakibatkan banjir di Bandung. Salah satunya adalah masalah sampah dan tata ruang.

"Jadi kesimpulannya, jangan dikit-dikit 'oh ini', gorong-gorong enggak sesederhana diatasi," ujarnya.

Untuk mengatasinya, Emil mengatakan Pemkot Bandung perlu berkoordinasi lagi dengan pemda di sekitar. Setidaknya ada lima pemerintah daerah di bawah Pemprov Jabar yang mengitari Bandung.

"Kami kerja terus di-bully atau dipuji kami enggak peduli, karena memang kami kerja terus dengan keterbatasan anggaran mencicil perbaikan sistem itu," ujarnya.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP