Wiranto Sebut Pelaku Bom Samarinda Dicekoki Ideologi Lain

Menkopolhukam Wiranto.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto berpendapat bahwa pelaku pengeboman di gereja Oikoumene, Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu. 13 November 2016 kemarin, kemungkinan sedang khilaf. Ia menduga pelaku terpengaruh doktrin-doktrin pihak tertentu. 

Asia Tenggara di Tengah Kepungan ISIS

Karena itu dalam merespons masalah terorisme di Tanah Air, pemerintah akan melakukan pendekatan secara persuasif atau soft approach. Pelempar bom molotov itu sendiri diketahui merupakan mantan narapidana kasus teroris bom Puspiptek Tangerang dan bom buku di Jakarta, bernama Johanda alias Jo Bin Muhammad Aceng Kurnia.

"Terpenting itu soft approach, menyadarkan, yang melakukan teror itu kan saudara-saudara kita juga warga negara Indonesia. Barangkali (pelaku) sedang khilaf, dicekoki ideologi lain, kemudian mereka merasa ada ketidakadilan dan sebagainya," ujar Wiranto di kantornya di Jakarta , Senin 14 November 2016.

Wiranto Ditusuk Ramai Diberitakan Media Asing

Badan Nasional Peanggulangan Terorisme (BNPT) menurutnya, juga telah mulai melakukan pendekatan tersebut dan beberapa langkah lainnya. Koordinasi antar otoritas terkait juga terus dilakukan. 

"Bukan justru dengan hard approach, cara-cara yang bersifat penanggulangan langsung dengan langkah-langkah yang keras, masuk langsung ke sasaran-sasaran pelaku-pelaku itu," tambah Wiranto.

Heboh Arteria Dahlan hingga Wiranto Ditusuk Orang Tak Dikenal

Imbas aksi terorisme itu, menurut Wiranto membuat negara sulit. Sebab, akan membuat masyarakat resah, investor takut menanamkan modalnya di Indonesia, termasuk wisatawan yang enggan berlibur ke Indonesia.

"Jangan kemudian dirusak dengan aksi-aksi yang negatif. Bunuh temannya, bunuh sodaranya, merusak sesuatu yang sedang dibangun. Membuat masyarakat jadi kacau. Menjadi resah, investor jadi takut masuk ke Indonesia. Wisatawan juga takut," kata dia. 

Menkopolhukam Wiranto.

Izin Keluar dari RSPAD, Wiranto Siapkan Memori Serah Terima Jabatan

Wiranto diketahui masih dalam perawatan di RSPAD Gatot Subroto.

img_title
VIVA.co.id
22 Oktober 2019