TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Dua Sektor Ini Dijaga KPK, 50% Keuangan Negara Diklaim Aman

Tantangan besar untuk KPK.
Dua Sektor Ini Dijaga KPK, 50% Keuangan Negara Diklaim Aman
Anjungan lepas pantai Pertamina Hulu Energi (PHE) 5 di Perairan Madura, Jatim (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

VIVA.co.id – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengatakan, potensi korupsi yang ada di sektor keuangan dan energi sangat besar.

Ia mengakui, KPK pernah diminta oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk mengawal kinerja kedua sektor tersebut. Dengan mengawal kedua sektor basah tersebut, 50 persen keuangan negara aman.

"Pak Saut, beresin Pertamina, beresin PLN, beresin Kementerian ESDM dan Kementerian Keuangan, maka 50 persen keuangan negara aman. Ibu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) bilang seperti itu ke saya," ujar Saut di Jakarta, Sabtu, 12 November 2016.

Menurutnya, permintaan Menkeu menjadi sebuah tantangan besar yang harus bisa dibenahi KPK sebagai lembaga tinggi negara yang memiliki wewenang untuk menelusuri potensi korupsi diberbagai bidang.

"Ya memang menyampaikan itu, buat KPK itu challenging. Dia (Sri Mulyani) menyebut, PLN, Pertamina, Departemen Keuangan dan ESDM, buat kami itu menarik dari sisi informasi. Itu bisa didalami," tuturnya.

Namun, ketika ditanya bocoran kasus apa saja dan seberapa besar potensi korupsi yang tengah ditelusurinya saat ini, Saut tidak bisa menyebutkannya.

"Ada tapi kita tidak boleh menyebut kasus, tetapi ada beberapa kasus, presiden sudah ketemu ternyata benar, kasusnya seperti apa saya tidak mau menyebut," ujarnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP