Bale Endah Masih Tergenang, Warga Beraktivitas Pakai Perahu

Banjir di Baleendah Bandung
Sumber :
  • ANTARA/Agus Bebeng

VIVA.co.id – Banjir masih menggenangi kawasan Bale Endah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu, 12 November 2016 pagi. 

Terjaring Razia Yustisi di Kamar Hotel, Begini Pembelaan Aceng Fikri

Seperti dilansir tvOne, Sabtu, 12 November 2016 pagi, banjir akibat hujan yang mengguyur kawasan itu di antaranya tampak merendam Jalan Raya Banjaran, Bale Endah. Ketinggian air mencapai setinggi lutut orang dewasa di lokasi tersebut.

Lantaran banjir tersebut, warga yang hendak beraktivitas terpaksa memakai transportasi dadakan seperti perahu kayu. Sementara itu sejumlah kendaraan bermotor masih melintasi lokasi itu. Namun mereka mesti berhati-hati lantaran bisa mengalami mogok di tengah banjir.

Terduga Teroris Lukai 4 Polisi di Bandung

Banjir tidak hanya menggenangi Bale Endah tapi juga kawasan Dayeuh Kolot dan Bojong Soang, Kabupaten Bandung. Sekitar 3.000 rumah di kawasan-kawasan itu terendam banjir. Bahkan banjir ada yang mencapai ketinggian satu meter.

Gun Gun, seorang pemerhati sungai Citarum, mengemukakan banjir yang terjadi di Bale Endah selain karena curah hujan tinggi juga lantaran penyerapan air ke tanah berkurang. "Curah hujan besar, air dari hulu tidak ada penyerapan yang bagus," ujarnya seperti dikutip dari wawancara dengan tvOne.

Pembunuh Ustaz Prawoto Divonis 7 Tahun Penjara

Dia meminta pemerintah menata ruang terbuka hijau untuk penyerapan air. Pemerintah juga diminta tegas dalam menerapkan kebijakan tata ruang. Sebab, dia menilai, saat ini banyak hunian yang memakan jalur hijau sehingga mengurangi penyerapan air ke tanah.
 

Silvani Anjalia menyabet dua penghargaan di kejuaraan karate tingkat dunia di Nagano, Jepang (Foto: istimewa)

Karateka Muda Asal Bandung Sabet Juara di Jepang

Meraih dua gelar juara sekaligus

img_title
VIVA.co.id
29 Agustus 2019