TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
NASIONAL

Indonesia Persiapkan Calon Presiden Interpol 2020

Calonnya bisa dari Polri, Kejaksaan atau KPK
Indonesia Persiapkan Calon Presiden Interpol 2020
Logo Interpol.  (REUTERS/Edgar Su)

VIVA.co.id – Indonesia akan menyiapkan seorang calon untuk menduduki posisi jabatan tertinggi di International Criminal Police Organization atau Interpol pada tahun 2020.

Sekretaris National Central Bureau (NCB) Interpol Indonesia, Brigjen Pol Naufal M Yahya mengatakan, calon yang akan dipersiapkan untuk maju menjadi Presiden Interpol tak hanya dari kalangan Polri, tapi bisa juga dari Kejaksaan dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Empat tahun yang akan datang kami persiapkan (untuk menjadi Presiden Interpol). Saya kira kalau punya kapasitas, pasti ada yang menjadi Presiden Interpol," kata Naufal di Kuta Bali, Jumat, 11 November 2016.

Brigjen Naufal belum mengetahui siapa bocoran calon yang akan dipersiapkan untuk menduduki jabatan tertinggi di organisasi terbesar kedua setelah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu.

Pada Sidang Umum Tahunan Interpol ke-85 yang di gelar Nusa Dua Convetion Center (BNDCC) Bali, Indonesia tadinya mengincar posisi jabatan untuk anggota komite eksekutif Interpol. Hanya saja, pada sidang Interpol tahun ini, posisi jabatan eksekutif Interpol belum tersedia bagi Indonesia.

Sidang Interpol ke-85 di Bali ini akhirnya memilih Meng Hongwei dari China, menjadi Presiden Interpol untuk periode 2016-2020. Hongwei terpilih setelah mendapatkan suara terbanyak dari pemungutan suara oleh peserta Sidang Umum ke-85 Interpol.

Hongwei menggantikan posisi Mireille Ballestrazzi dari Prancis, yang masa jabatannya telah habis

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP