TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Gempa 5 SR Guncang Yogyakarta Pagi Ini

Pusat gempa terjadi di laut.
Gempa 5 SR Guncang Yogyakarta Pagi Ini
Petugas BMKG membaca kekuatan gempa bumi lewat seismograf. (ANTARA/Fahrul Jayadiputra)

VIVA.co.id – Gempa bumi berkekuatan 5 skala richter (SR) mengguncang zona selatan Yogyakarta dan Jawa Timur, Jumat, 11 November 2016, pukul 07.26 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, pusat gempa bumi terletak di laut pada jarak sekitar 113 kilometer (km) arah tenggara kota Pacitan, dengan kedalaman 62 km. 

"Tampak episenter gempa bumi yang terjadi saat ini bergeser ke selatan sejauh 5 km dan menjadi lebih dalam 5 km dari parameter gempa bumi yang terjadi kemarin," ujar Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulis, Jumat, 11 November 2016.

Guncangan gempa bumi dirasakan cukup kuat di Bantul, Imogiri, Playen, Wonosari, Pasirombo, Pacitan, Tamperan, Kebonagung, Ngadirojo, Panggul, Munjungan, Tulungagung, Donomulyo, dan Karangkates. Dilaporkan, gempa bumi dirasakan masyarakat di daerah ini sehingga mereka berhamburan keluar rumah.

Berdasarkan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Eurasia. Hingga pukul 08.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi gempa bumi susulan.  

BMKG mengimbau warga di pesisir selatan Bantul hingga Malang Selatan agar tetap tenang. Sebab, gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Kemarin sore, gempa bumi mengguncang Pacitan, Jawa Timur dan sekitarnya. Gempa berkekuatan 4 SR itu berpusat di Samudra Hindia.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP