Risma: Jurnalis Juga Bisa Jadi Pahlawan

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini alias Risma, saat meluncurkan drive thru tilang di kantor Kejaksaan Negeri Surabaya pada Kamis, 10 November 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id - Bangsa Indonesia kini memeringati Hari Pahlawan secara serentak di seluruh penjuru negeri. Hari Pahlawan digelar untuk mengingat jasa para pejuang kemerdekaan sekaligus meneladani mereka untuk membangun masa depan bangsa Indonesia.

Peringati Hari Pahlawan, Wakasal dan Mensos Risma Upacara dan Tabur Bunga di Perairan Teluk Jakarta

Bagi Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini alias Risma, peringatan Hari Pahlawan tidak hanya soal seremoni peringatan. Menurutnya, Hari Pahlawan harus diambil spiritnya untuk ikut serta membangun negeri ini supaya lebih baik dan maju.

"Kalau dulu pahlawan itu bertempur dengan menggunakan senjata, tapi kalau sekarang semua orang bisa jadi pahlawan, termasuk teman-teman media," kata Risma saat peluncuran drive thru tilang di kantor Kejaksaan Negeri Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis 10 November 2016.

Cak Imin Ziarah Makam Pahlawan Nasional Kiai As'ad di Situbondo, Ingatkan Resolusi Jihad

Risma lantas menerjemahkan maksud dari pekerja media juga bisa berperan seperti pahlawan dalam pembangunan bangsa. "Anda (wartawan) mungkin tidak merasa. Saya dulu, yang juga ikut mendorong saya bisa juara kelas, salah satunya karena sering baca media," ujarnya.

Artinya, kata Risma, berkat peran media yang mendorongnya menjadi seperti sekarang, dia bisa melakukan hal bermanfaat sehingga bisa membantu dan melayani kebutuhan masyarakat. "Jadi ada kontribusinya meski secara tidak langsung. Artinya apa, semua orang bisa jadi pahlawan," ujar Risma.

Peringati Hari Pahlawan 2023, Wamenaker : Pahlawan Ajarkan Jangan Jadi Bangsa Pecundang

Risma juga memberi contoh program inovatif drive thru tilang Kejari Surabaya sebagai kontribusi berspirit kepahlawanan. "Menurut saya, ini terobosan yang bagus dan berkontribusi besar dalam hal memudahkan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya. (ase)

Ilustrasi Bendera Merah Putih.

Peringatan Hari Pahlawan, Bendera Merah Putih Berkibar di Perbatasan RI-Timor Leste

Masyarakat diingatkan untuk selalu menghargai jasa para pahlawan.

img_title
VIVA.co.id
11 November 2023