TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Kasus Ahok Ujian Besar Umat Islam

Para tokoh Islam juga diharapkan dapat saling menenangkan suasana.
Kasus Ahok Ujian Besar Umat Islam
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir (ANTARA/Andreas Fitri Atmoko)

VIVA.co.id – Kasus dugaan penistaan agama yang menimpa Gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berimbas pada aksi demonstrasi oleh elemen umat Islam pada tanggal 4 November 2016 lalu. Hal ini dinilai Muhammadiyah menjadi ujian yang berat bagi umat Islam.

Dalam kasus Ahok yang disikapi berbeda sesuai dengan pandangan masing-masing, dinilai bukan hal yang baru terkait keislaman.  

Sayangnya, perbedaan pandangan dinilai bisa makin rumit dengan adanya unsur politik yang terlibat. Dalam kondisi yang seperti ini, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, diperlukan sikap sabar yang sangat ekstra dalam menanggapi kasus semacam ini.

"Saat ini sangat diperlukan sikap lapang hati untuk saling menahan diri. Jangan terus saling menyudutkan, menyalahkan dan menegasikan satu sama lain,” kata Haedar di Yogyakarta, Kamis, 10 November 2016.

Dosen UMY itu mengatakan, pada saat ini sesama umat Islam benar-benar sedang diuji kesabaran dan ketabahannya. Oleh karena itu Haedar menyarankan agar umat Islam dapat membuktikan ukhuwah Islam seiman di kala ada tantangan. Para tokoh Islam juga diharapkan dapat saling tasamuh atau menenangkan suasana.
 
“Media sosial juga diharapkan jangan menjadi ajang kian memanaskan hati dan suasana. Semuanya diharapkan lebih seksama, bertabayun dan bersabar. Jangan mudah terpancing dan terprovokasi agar umat Islam keseluruhan tetap terjaga kondusif,” katanya.
 
Haedar juga meminta untuk menghindari ujaran dan tindakan yang dapat saling mencederai antar umat beragama.  

“Tantangan kita umat Islam sungguh berat. Jika di tubuh umat sendiri centang peranang malah tidak elok. Mari praktikkan ukhuwah dan akhlak mulia ke dalam dan ke luar di kala menghadapi ujian berat seperti ini,” ujar Haedar. (ase)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP