TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Mendagri Ajak Masyarakat Jadi Pahlawan di Lingkungan Sendiri

Sosok yang membangun tanpa pamrih adalah cermin pahlawan.
Mendagri Ajak Masyarakat Jadi Pahlawan di Lingkungan Sendiri
Mendagri Tjahjo Kumolo usai pimpin upacara Hari Pahlawan untuk internal Kemdagri (VIVA.co.id/Moh. Nadlir)

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengajak masyarakat mewujudkan kesejahteraan dengan mengorganisir dan menggerakkan komunitas di lingkungan masing-masing tanpa pamrih. Sebab, sosok yang membangun tanpa pamrih adalah cermin pahlawan di tengah masyarakat.

"Makanya kita semua harus mampu menjadi sosok pahlawan di lingkungan terkecil, apapun, secara gotong royong terbuka, melayani masyarakat yang ada," ujar Tjahjo dalam upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional, di kantor Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis, 10 November 2016.

Tjahjo mengatakan, nilai-nilai kepahlawanan yang aktual dan bisa diterapkan saat ini adalah cara memberikan dukungan, baik moril dan materiil kepada masyarakat yang masih belum mendapat perhatian, teraniaya, serta membutuhkan perubahan. 

"Karena itu, bagaimana mendukung percepatan dan pemerataan pembangunan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat," ujar Tjahjo.

Sebagai upaya untuk mewujudkan dan mempercepat hal tersebut, ke depan diperlukan langkah yang lebih progresif dan revolusioner.  

Dia pun memberi contoh, mengenai pembangunan di Papua. Tjahjo menilai hal itu mudah dilakukan, tetapi persoalannya justru pada upaya membangun masyarakat, memperkokoh jati diri, tanpa meninggalkan adat dan budaya warga di 'Bumi Cendrawasih'.

"Aspek perjuangan dalam memberikan dukungan tersebut, adalah kerelaan bahu membahu mengangkat sisi gelap kehidupan dan ketidakadilan," kata politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP