Mengapa Soeharto Belum Diberi Gelar Pahlawan Nasional?

Mantan Presiden RI, Soeharto (tengah).
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Ade Komarudin memberikan komentar soal belum juga dijadikannya mantan Presiden Soeharto untuk mendapatkan gelar pahlawan.

Kisah Chalid Salim, Adik KH Agus Salim yang Memilih Agama Katolik

"Kita serahkan pada dewan kepahlawanan yang sudah dibentuk pemerintah. Mereka pasti punya pertimbangan. Kalau aspirasi saya pribadi, inginnya. Apa sih susahnya (jadikan Soeharto sebagai pahlawan) Gusdur juga," kata Ade di gedung DPR, Jakarta, Rabu 9 November 2016.

Ia menilai Soeharto dan Gusdur telah berbakti cukup banyak pada negara. Meskipun dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kedua orang tersebut.

Panglima TNI Usulkan Doni Monardo Jadi Pahlawan Nasional

"Pahlawan yang sempurna tak ada. Tapi itu kewenangan dewan gelar, kita serahkan pada dewan gelar," kata Ade.

Sebelumnya, Menteri Sosial Khofifah Indar Parwansa memastikan nama almarhum Presiden Soeharto tidak akan menerima gelar pahlawan nasional dari pemerintah Indonesia.

Sosok Ratu Kalinyamat, Pahlawan Nasional Wanita yang Gagah Berani Melawan Portugis

"Bukan, bukan, bukan (Soeharto)," kata Khofifah, menjawab soal nama pahlawan nasional yang telah disetujui Presiden Jokowi, Minggu 6 November 2016.

Willem Schermerhorn (Perdana Menteri Belanda 1945-1946) dan Chalid Salim

Sosok Ini yang Membuat Adik KH Agus Salim Tertarik Masuk Katolik

Adik pahlawan nasional Kiai Haji (KH) Agus Salim, yakni Chalid Salim mantap memeluk agama Katolik usai pertemuannya dengan seorang laki-laki asal Digul, Papua pada 1941.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2024