Abu Jandal Tewas di Suriah, Bagaimana Nasib Bahrun Naim?

Bahrun Naim, pemimpin kelompok ISIS wilayah Asia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha

VIVA.co.id – Abu Jandal atau Salim Mubarak At Tamimi, warga negara Indonesia yang menjadi salah satu pimpinan kelompok Islam radikal di Suriah dikabarkan meninggal dunia. Keluarga telah mengakui kematian lelaki asal Pasuruan Jawa Timur tersebut.

Al Salbi 'The Destroyer' Pemimpin ISIS yang Baru, Kejam dan Brutal

Bagi Kepolisian, kematian Abu Jandal tidak bisa menyurutkan kewaspadaan akan praktik terorisme di Indonesia. Sebab, masih ada beberapa WNI yang bergabung dengan ISIS dan memiliki pengaruh cukup kuat di Indonesia.

"Masih ada Bahrun Naim dan Bahrun Syah yang jadi pencarian kita," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Polisi Boy Rafli Amar, Rabu, 9 November 2016.

Abu Ibrahim al-Hashemi jadi Pemimpin Baru ISIS

Karena itu, kata Boy, pihaknya enggan menyimpulkan kematian Abu Jandal tersebut dengan menurunnya kekuatan pengaruh ISIS di Indonesia. "Kita enggak bisa katakan ada pengaruh yang berkurang tapi kita tingkatkan waspada adanya anak muda Indonesia yang ikut ISIS," kata Boy.

Kematian Abu Jandal sebelumnya memang telah dibenarkan keluarganya di Pasuruan Jawa Timur. Namun belum ada kepastian soal jenazah lelaki yang sudah sejak tahun 2008 tinggal di Kota Malang tersebut.

AS Rilis Video Pertama Serangan atas Pemimpin ISIS

Meski begitu, Kepolisian akan tetap kembali memastikan kebenaran informasi kematian Abu Jandal ke pihak terkait. "Ini akan dikomunikasikan dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia setempat atau dari Kemenlu," kata Boy.

(mus)

Pemimpin baru ISIS Amir Mohammed Abdul Rahman al-Mawli al-Salbi

Pemimpin Baru ISIS 'Sang Penghancur', Terkenal karena Kebrutalannya

Ia sosok pemimpin baru ISIS menggantikan Abu Bakar al-Baghdadi.

img_title
VIVA.co.id
24 Juli 2020