Banten Kembali Diguncang Gempa Bumi

Ilustrasi gempa.
Sumber :
  • http://www.technologyindonesia.com

VIVA.co.id – Wilayah selatan Banten dan Jawa Barat pukul 11.05 WIB, diguncang gempa bumi tektonik. Gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Minggu, Udara di Palembang Masuk Level Bahaya

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, menunjukkan bahwa gempa bumi yang terjadi memiliki kekuatan 4,5 skala richter.

Pusat gempa bumi terletak di laut pada jarak sekitar 43 kilometer arah selatan Bayah, atau 90 kilometer arah barat daya Sukabumi dengan kedalaman 29 kilometer.

Waspada, Kabupaten Sumba Timur Diprediksi Alami 60 Hari Tanpa Hujan

Hasil analisis peta tingkat guncangan (shake map), menunjukkan bahwa dampak gempa bumi ini berupa guncangan pada skala intensitas II SIG BMKG (II MMI) yang dirasakan di beberapa kota di wilayah Banten dan Jawa Barat seperti Cicatang, Bayah, Sawarna, Bantarkalapa, Ganesa, Pelabuhanratu, Cigombong, Ujunggenteng, Bantarpanjang, dan Cikaret. 

"Di daerah ini gempa bumi dirasakan oleh banyak orang, bahkan beberapa di antaranya berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan sebagai akibat dampak gempa bumi," ucap Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono, melalui siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Rabu, 9 November 2016.

Gempa 6,9 Skala Richter Mengguncang Banten, Ini Akibatnya

Menurutnya, gempa bumi di selatan Banten yang terjadi ini merupakan jenis hiposenter dangkal. "Jika melihat kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi ini disebabkan oleh aktivitas sesar aktif di dasar laut. Ada dugaan bahwa struktur Sesar Citarik yang jalurnya dari darat dan menerus ke Samudera Hindia yang menjadi pembangkit gempa bumi ini."

Meski untuk memastikannya, Daryono perlu melakukan kajian lebih lanjut. Satu hal yang patut disyukuri adalah, meskipun pusat gempa bumi ini berada di laut dan kedalamnya dangkal, namun karena kekuatannya relatif kecil tidak berpotensi tsunami.

Hasil monitoring BMKG pasca terjadinya gempa bumi ini, belum terjadi gempa susulan. Untuk itu masyarakat pesisir selatan Banten dan Jawa Barat diimbau tetap tenang.

Sebelumnya, Selasa, 8 November 2016, daerah selatan Banten juga diguncang gempa bumi berkekuatan . Gempa ini terjadi sekitar pukul 04.30 WIB, dan ikut mengguncang hingga ke wilayah Jawa Barat dan Lampung. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya