TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Kemendagri Minta Jajarannya Aktif 'Dinginkan' Daerah

Agar imbas demo 4 November 2016 tidak meluas.
Kemendagri Minta Jajarannya Aktif 'Dinginkan' Daerah
Massa memanjat pagar Monas saat demo 4 November  (VIVA.co.id/Danar Dono)

VIVA.co.id – Direktur Politik Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar meminta, seluruh jajarannya di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) provinsi, kabupaten/kota untuk ikut menjaga kondisi politik yang sempat memanas dan berimbas ke daerah masing-masing. Hal itu perlu dilakukan agar situasi menjelang Pilkada tetap kondusif.  

Bahtiar mengatakan, hal itu perlu dilakukan untuk mereduksi imbas demontrasi massa yang menuntut Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atas dugaan penistaan agama. Demonstrasi 4 November tersebut juga terjadi di beberapa daerah.

"Kesbangpol harus bisa jaga iklim kondusif Pilkada. Mulai saat ini harus ada upaya pendinginan di semua wilayah di Tanah Air. Situasi di Jakarta, ikut memengaruhi iklim di wilayah saat ini," ujar Bahtiar di Kantor Kemendagri, Jalan Meda Merdeka Utara 7, Jakarta Pusat, Rabu 9 November 2016.

Menurutnya, upaya pendinginan di tingkat daerah harus dilakukan. Masalah tersebut seharusnya sudah diselesaikan pada level elite.

"Nah makanya perlu pendinginan pada akar rumput. Kan biasanya di level elite sudah tapi di akar rumput belum. Nah itu harus diatasi," ujarnya menambahkan.

Upaya tersebut kata Bahtiar bisa dilakukan dengan cara memberikan pemahaman kepada masyarakat luas antara lain melalui silaturahim kepada tokoh agama setempat seperti melalui Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembaruan Kebangsaan dan forum lainnya.

"Demo hampir serentak di seluruh wilayah, besar di Indonesia. Upaya pendinginan itu harus dilakukan. Meskipun Kesbangpol diminta atau tidak diminta pasti sudah harus melakukan itu (upaya pendinginan). Tujuannya agar tidak melebar.”

(mus)
 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP