Kemendagri Minta Jajarannya Aktif 'Dinginkan' Daerah

Massa memanjat pagar Monas saat demo 4 November
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id – Direktur Politik Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar meminta, seluruh jajarannya di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) provinsi, kabupaten/kota untuk ikut menjaga kondisi politik yang sempat memanas dan berimbas ke daerah masing-masing. Hal itu perlu dilakukan agar situasi menjelang Pilkada tetap kondusif.  

Ratusan Pengunjuk Rasa Anti-Perang Ditangkap di Seluruh Rusia

Bahtiar mengatakan, hal itu perlu dilakukan untuk mereduksi imbas demontrasi massa yang menuntut Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atas dugaan penistaan agama. Demonstrasi 4 November tersebut juga terjadi di beberapa daerah.

"Kesbangpol harus bisa jaga iklim kondusif Pilkada. Mulai saat ini harus ada upaya pendinginan di semua wilayah di Tanah Air. Situasi di Jakarta, ikut memengaruhi iklim di wilayah saat ini," ujar Bahtiar di Kantor Kemendagri, Jalan Meda Merdeka Utara 7, Jakarta Pusat, Rabu 9 November 2016.

Demo Tolak Pemekaran Ricuh, Sejumlah Mahasiswa Papua Ditangkap

Menurutnya, upaya pendinginan di tingkat daerah harus dilakukan. Masalah tersebut seharusnya sudah diselesaikan pada level elite.

"Nah makanya perlu pendinginan pada akar rumput. Kan biasanya di level elite sudah tapi di akar rumput belum. Nah itu harus diatasi," ujarnya menambahkan.

Daerah Diminta Percepat Bentuk Perda Retribusi Persetujuan Bangunan

Upaya tersebut kata Bahtiar bisa dilakukan dengan cara memberikan pemahaman kepada masyarakat luas antara lain melalui silaturahim kepada tokoh agama setempat seperti melalui Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembaruan Kebangsaan dan forum lainnya.

"Demo hampir serentak di seluruh wilayah, besar di Indonesia. Upaya pendinginan itu harus dilakukan. Meskipun Kesbangpol diminta atau tidak diminta pasti sudah harus melakukan itu (upaya pendinginan). Tujuannya agar tidak melebar.”

(mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya