Wantimpres: Perkara Penistaan Agama Jangan Dicampur Khilafah

Mantan Ketua Umum Nahdlatul Ulama, Hasyim Muzadi.
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVA.co.id - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Hasyim Muzadi memuji sikap massa pengunjuk rasa pada 4 November 2016 yang berdemonstrasi dengan tertib dan damai.

Pendeta Gilbert Olok-olok Salat dan Zakat, PBNU: Kami Umat Islam Diajarkan untuk Menahan Emosi

Dia mengapresiasi dan meyakini unjuk rasa itu dilatarbelakangi niat suci untuk membela Alquran yang dianggap telah dinistakan oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, calon gubernur DKI Jakarta. Namun dia mengamati sedikit ketidakberesan karena unjuk rasa pada pekan lalu itu disusupi isu lain, yakni khilafah; pendirian negara Islam.

"Janganlah masalah kemurnian perjuangan pembelaan Alquran ini dicampur aduk dengan isu khilafah, pendirian negara Islam, memberi peluang terhadap ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah), peluang terhadap teroris, dan perlawanan terhadap persatuan dan kesatuan bangsa," kata Hasyim melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id pada Rabu, 9 November 2016.

Profil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor yang Jadi Tersangka Korupsi Pemotongan Insentif

Isu pendirian negara Islam itu, kata Hasyim, justru kontraproduktif dengan semangat dan niat suci agar aparat penegak hukum mengusut tuntas kasus dugaan penistaan agama. Isu lain yang disusupkan, apalagi bertentangan dengan Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, akan menjadi senjata untuk memukul balik umat Islam. "...dan dapat mengakibatkan umat Islam bercerai-berai."

Mantan Ketua Umum Nahdlatul Ulama itu mengingatkan, agar umat Islam, apapun organisasinya, tidak beranggapan bahwa sekat-sekat ormas dapat menghadang energi Alquran. "Kalau dipaksakan, justru berakibat tidak ditaatinya pemimpin oleh umatnya sendiri yang memang ghirah (semangat) Alquran-nya tinggi.”

Mengenal Gus Iqdam, Pendakwah Muda dengan Gaya Lucu dan Energik Jadi Idola Milenial

(mus)

Gowes Ansor 90 Kilometer

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor menggelar gowes atau bersepeda santai sepanjang 90 kilometer dari Jakarta ke Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 21 April 2024. Kegiatan ba

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024