Jokowi Sebut Aktor Politik di Demo 4 November, Ini Kata PPP

PRESIDEN JOKO WIDODO KUNJUNGI KEDIAMAN PRABOWO SUBIANTO
Sumber :
  • Antara/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Politikus Partai Persatuan Pembangunan, Arsul Sani mengatakan, pernyataan Presiden Joko Widodo terkait adanya aktor politik di unjuk rasa di depan Istana Negara pada 4 November lalu, adalah sebuah pengingat yang ingin disampaikan.

Bank Dunia Mengubah Batas Garis Kemiskinan pada Tahun 2022

"Kalau saya melihatnya itu sebagai reminder, mengingatkan bahwa di dalam peristiwa, di mana massa berkumpul secara hebat. Ada potensi provokator dan potensi aktor. Itu saja yang mau dibilang pak Jokowi," kata Arsul di Mapolda Metro Jaya, Selasa 8 November 2016.

Ia pun enggan mengomentari, apakah memang ada aktor politik dalam demo tersebut.

Kemiskinan Ekstrem Musuh Bersama Bangsa Indonesia

"Kok senengnya ada aktor-aktor, komentarnya dari partai di luar pemerintahan sajalah. Saya no comment lah," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyayangkan terjadinya kericuhan usai unjuk rasa, Jumat 4 November 2016. Bahkan, Jokowi menyebut ada aktor politik di balik terjadinya kericuhan itu.

Hadapi Pemilu 2024, PPP Dapat Tambahan Energi Baru

"Kami menyesalkan kejadian bakda Isya, yang seharusnya sudah bubar, tetapi jadi rusuh. Ini kita lihat ditunggangi aktor-aktor politik yang memanfaatkan situasi," kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu dini hari, 5 November 2016.

Unjuk rasa, ujar Jokowi, seharusnya berjalan tertib, seperti ketika siang hari sebelum ricuh. Menurut Presiden, penyampaian aspirasi dengan melalui unjuk rasa memang sudah seharusnya dilakukan dengan tertib.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu pun menyampaikan rasa apresiasinya kepada para tokoh agama yang menjaga jalannya demonstrasi tetap aman.

"Terima kasih kami sampaikan kepada ulama, kiai, ustaz yang telah memimpin umatnya yang menyejukkan, sehingga sampai Magrib tadi berjalan tertib dan damai," kata Jokowi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya