Banjir Terjang Empat Puluh Desa di Aceh Barat

Ilustrasi/Banjir di Aceh
Sumber :
  • Zulfikar Husein/ VIVA.co.id

VIVA.co.id - Sebanyak 40 desa di tujuh kecamatan di Aceh Barat, Aceh, kebanjiran pada Selasa, 8 November 2016. Ketinggian air banjir rata-rata satu meter hingga dua meter. Sebanyak 3.558 jiwa dari 1.152 kepala keluarga (KK) terdampak banjir itu.

Bencana Banjir di Aceh Singkil, Ribuan Rumah di 16 Desa Terendam

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Meulaboh melaporkan, banjir terjadi akibat luapan air sungai setelah hujan deras dan lama sepanjang Senin tengah malam, 7 November 2016. Desa-desa yang terendam berada di Kecamatan Sungaimas, Woyla, Woyla Barat, Woyla Timur,  Pante Cermin, Johan Pahlawan, dan Meurubo.

“Ada rumah warga yang tampak atap saja, ada wilayah yang belum tembus dilewati petugas,” kata Kepala BPBD Meulaboh, Teuku Syahluna Polem, saat dihubungi dihubungi VIVA.co.id pada Selasa.

Viral Video Banjir Parah Menerjang Seoul Korsel yang Memadamkan Listrik di 4.000 Rumah

Menurut data yang dirilis BPBD Aceh Barat, sudah banyak warga yang mengungsi akibat bencana itu. Titik pengungsian sementara yang sudah terdata pada empat lokasi, di antaranya, di atas Gunung Tungkop sebanyak 100 KK, Balai Keselamatan Warga Napai sebanyak 98 KK, dan sejumlah titik pengungsian baru beserta dapur umum.

"Sementara prasarana yang rusak satu unit jembatan gantung di Desa Kajeung-Desa Tungkop, Kecamatan Sungaimas. Rusak karena dihantam satu unit kapal keruk emas," kata Teuku Syahluna.

KBRI Pastikan Tak Ada WNI jadi Korban Bencana di Korea Selatan

Petugas BPBD, tim Badan SAR Nasional, dan serta unsur terkait sedang mengevakuasi warga dengan menggunakan perahu karet. Tim penyelamat juga menjemput dan mengevakuasi warga dari rumah mereka. Hingga kini belum ada laporan korban jiwa, namun kondisi air banjir terus meningkat.

(mus)

Ratusan warga melakukan aksi penolakan dan pengusiran truk yang mengakut puluhan pengungsi etnis Rohingya di Desa Beureugang, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, Kamis, 21 Maret 2024.

Ratusan Warga Aceh Barat Aksi Tolak Kedatangan 69 Warga Etnis Rohingya

Ratusan Aceh Barat menolak kedatangan 69 warga etnis Rohingya yang akan ditempatkan di Kompleks Rumah Sakit Jiwa Beureugang, milik pemerintah daerah setempat.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024