TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
NASIONAL

Banjir Terjang Empat Puluh Desa di Aceh Barat

Belum ada laporan korban jiwa, namun ketinggian air terus meningkat.
Banjir Terjang Empat Puluh Desa di Aceh Barat
Ilustrasi/Banjir di Aceh  (Zulfikar Husein/ VIVA.co.id)

VIVA.co.id - Sebanyak 40 desa di tujuh kecamatan di Aceh Barat, Aceh, kebanjiran pada Selasa, 8 November 2016. Ketinggian air banjir rata-rata satu meter hingga dua meter. Sebanyak 3.558 jiwa dari 1.152 kepala keluarga (KK) terdampak banjir itu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Meulaboh melaporkan, banjir terjadi akibat luapan air sungai setelah hujan deras dan lama sepanjang Senin tengah malam, 7 November 2016. Desa-desa yang terendam berada di Kecamatan Sungaimas, Woyla, Woyla Barat, Woyla Timur,  Pante Cermin, Johan Pahlawan, dan Meurubo.

“Ada rumah warga yang tampak atap saja, ada wilayah yang belum tembus dilewati petugas,” kata Kepala BPBD Meulaboh, Teuku Syahluna Polem, saat dihubungi dihubungi VIVA.co.id pada Selasa.

Menurut data yang dirilis BPBD Aceh Barat, sudah banyak warga yang mengungsi akibat bencana itu. Titik pengungsian sementara yang sudah terdata pada empat lokasi, di antaranya, di atas Gunung Tungkop sebanyak 100 KK, Balai Keselamatan Warga Napai sebanyak 98 KK, dan sejumlah titik pengungsian baru beserta dapur umum.

"Sementara prasarana yang rusak satu unit jembatan gantung di Desa Kajeung-Desa Tungkop, Kecamatan Sungaimas. Rusak karena dihantam satu unit kapal keruk emas," kata Teuku Syahluna.

Petugas BPBD, tim Badan SAR Nasional, dan serta unsur terkait sedang mengevakuasi warga dengan menggunakan perahu karet. Tim penyelamat juga menjemput dan mengevakuasi warga dari rumah mereka. Hingga kini belum ada laporan korban jiwa, namun kondisi air banjir terus meningkat.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP