Jalur Kereta Yogyakarta-Magelang akan Dibuka Kembali

Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Anis Efizudin

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan berencana mereaktivasi kembali lintas kereta api operasi Yogyakarta-Magelang yang telah berhenti beroperasi sejak tahun 1978.

Chattra Penting Dipasang karena Dinilai Sebagai Salah Satu Ikon Candi Borobudur

Dalam siaran persnya, Menhub Budi Karya menyatakan bahwa reaktivasi jalur lintas KA Yogyakarta-Magelang akan dilanjut sampai ke Borobudur dalam upaya untuk lebih mendorong kunjungan wisatawan khususnya ke Candi Borobudur di Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

"Rencana reaktivasi ini untuk supaya (candi) Borobudur lebih laku," ujar Menhub Budi.

BRIN Diminta Koordinasi dengan Kemendikbud soal Pemasangan Catra Borobudur

Dikatakan Menhub bahwa Candi Borobudur di Jawa Tengah termasuk dalam titik destinasi wisata yang diutamakan selain Danau Toba di Sumatera Utara dan Mandalika di P. Lombok. 

Tetapi persoalan aksesibilitas transportasi menjadi suatu kendala yang dihadapi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur.

Pakar dan Akademisi Sarankan Chattra Segera Dipasang di Candi Borobudur

“Kita memikirkan bagaimana aksesibilitas itu bisa secara integrated tergabung dengan titik-titik daerah wisata yang ada, bisa dibayangkan ada suatu konektivitas rel, kereta api bisa ke Candi Borobudur, Solo, Jogja dengan frekuensi yang tinggi sehingga turis punya banyak pilihan, ini menjadi pusat-pusat ekonomi yang bagus”, ucapnya. 

Menurut Menhub, Solo-Yogya-Borobudur juga akan diintegrasikan dengan Semarang yang memiliki wisata bahari.

Akan tetapi menurutnya upaya reaktivasi perlintasan KA Yogyakarta–Magelang ini menjadi persoalan yang tidak mudah. Hal ini dikarenakan adanya bangunan-bangunan yang telah berdiri dan menjadi tempat tinggal masyarakat. Menurutnya jika rencana reaktivasi ini dilanjutkan akan menimbulkan persoalan finansial dan sosial yang berat di masyarakat.

Oleh karena itu, Menhub mengatakan akan dilakukan upaya lain dengan membangun perlintasan KA baru yang rencananya akan dimulai pada pertengahan tahun 2018. Diharapkan pembangunan jalur KA Yogyakarta – Magelang ini selesai pada tahun 2019.
 
“Pembebasan tanah dua tahun, pembangunan pertengahan 2018, selesai 2019," kata Menhub Budi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya