PBNU Kritik Jokowi Lamban Berdialog dengan Rakyat

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj mengapresiasi Aksi Damai 411 lalu. Said menilai, aksi tersebut mencerminkan cara berdemokrasi yang beradab dan niat yang tulus untuk meluruskan kepemimpinan. Karena hakikat seorang pemimpin adalah menjadi teladan yang baik.

Dedie Rachim Kabarkan Idul Fitri Tingkat Kota Bogor Digelar Bersamaan 10 April

"Pemimpin tidak boleh berujar kalimat-kalimat kotor yang menimbulkan kontroversi, bahkan melahirkan perpecahan. Pepatah mengatakan 'Keselamatan seseorang adalah dengan menjaga lisannya'" kata Said dalam keterangan pers di kantor PBNU, Senin, 7 November 2016.

Setelah aksi damai Jumat lalu, Said menekankan saatnya kini untuk memperkokoh ukhuwwah Islamiyah (persaudaran muslim), ukhuwwah wathoniyah (persaudaraan kebangsaan), dan ukhuwwah insaniyah (persaudaraan antar sesama manusia).

PBNU Beri Ucapan Selamat ke Prabowo-Gibran sebagai Pemenang Pilpres 2024

"Tidak tepat menstigma bahwa Aksi Damai 411 ditunggangi kelompok-kelompok tertentu. Lebih bijaksana bagi semua pihak hendaknya mengambil pelajaran dari Aksi Damai 411 tersebut," ujarnya.

Said tak yakin kericuhan yang terjadi berasal dari para pengunjuk rasa Aksi Damai 411. Ia justru menduga kericuhan dilakukan oleh kelompok yang ingin merusak kemurnian aksi. "Tugas aparat keamanan adalah menindak pihak-pihak yang ingin menodai niat luhur Aksi Damai 411," terang Said.

Hilal Tak Terlihat, Gus Yahya-PBNU: Besok Belum Masuk Ramadhan

Pada kesempatan itu, PBNU tambah Said, mengkritik lambannya pemerintah dalam melakukan komunikasi politik dengan rakyatnya. NU mendorong pemerintah segera melakukan dialog yang lebih intensif dengan lintas tokoh pemuka agama, sehingga terbangun suasana yang kondusif.

"Menyerukan kepada rakyat Indonesia untuk bersatu padu, senantiasa membangun ukhuwwah dan memperkokoh ikatan kebangsaan kita," imbuhnya.

Gus Iqdam

Mengenal Gus Iqdam, Pendakwah Muda dengan Gaya Lucu dan Energik Jadi Idola Milenial

Muhammad Iqdam, atau yang akrab disapa Gus Iqdam, adalah seorang pendakwah muda Nahdlatul Ulama (NU) yang saat ini tengah naik daun. Lahir di Blitar, Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024