TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Perhatikan Dulu Aturannya Sebelum Lakukan Importasi Suplemen

Mencegah beredarnya produk suplemen yang tidak teregistrasi di BPOM.
Perhatikan Dulu Aturannya Sebelum Lakukan Importasi Suplemen
Perhatikan Dulu Aturannya Sebelum Lakukan Importasi Suplemen Kesehatan

VIVA.co.id – Dalam perannya selaku community protector Bea Cukai berusaha untuk mencegah beredarnya barang-barang yang dianggap berbahaya masuk ke Indonesia dengan membatasi atau melarang importasi barang tersebut.

Salah satu barang yang importasinya dibatasi adalah suplemen kesehatan. Hal tersebut dilakukan guna mencegah beredarnya produk suplemen kesehatan yang tidak teregistrasi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Robert Leonard Marbun mengatakan, suplemen kesehatan merupakan salah satu jenis barang yang importasinya dibatasi berdasarkan Peraturan Kepala BPOM terkait Pengawasan Pemasukan Obat dan Makanan ke dalam Wilayah Indonesia.

Robert menambahkan berdasarkan peraturan tersebut, pemasukan barang berupa suplemen kesehatan hanya dapat dilakukan terhadap suplemen kesehatan yang telah memiliki izin edar. Selain itu, pemasukannya ke wilayah Indonesia hanya dapat dilakukan oleh importir yang sudah memiliki Angka Pengenal Impor (API) dan telah mendapatkan persetujuan dari Kepala BPOM yang berupa Surat Keterangan Impor (SKI).

“Adapun untuk keperluan pribadi, BPOM memberikan izin dengan mekanisme Special Access Scheme. Untuk informasi yang lebih lengkap terkait SAS dan bagaimana cara mendapatkan izin dimaksud, bias dikonsultasikan ke BPOM,” kata Robert.  (webtorial)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP