TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Polri Selidiki Aktor Politik di Balik Demo 4 November

Kapolri menegaskan ada provokator di balik kerusuhan yang terjadi.
Polri Selidiki Aktor Politik di Balik Demo 4 November
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.  (VIVA.co.id/Syaefullah)

VIVA.co.id – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian menyebutkan, rusuh demo 4 November 2016 merupakan imbas adanya pihak-pihak yang memprovokasi. 

Awalnya, aksi demonstrasi berlangsung tertib dan damai. Sebelum kerusuhan terjadi, aksi unjuk rasa ribuan orang itu sudah membubarkan diri.

"Kami sampaikan ada pihak yang memprovokasi, di mana jelas bukan lagi unjuk rasa. Kami sudah tunjukkan faktanya. Itu kita evaluasi bersama," kata Tito di sela kegiatan pertemuan Interpol di Nusa Dua, Bali, Senin, 7 November 2016.

Menurut Tito, penyelidikan terhadap oknum provokator menjadi bagian tak terpisahkan dari proses penyelidikan yang tengah dilakukan jajarannya. "Itu mekanisme yang biasa dilakukan oleh polisi," ujar Tito.

Adapun terkait aksi penjarahan minimarket di Jakarta Utara, polisi telah mengamankan 11 orang yang diduga sebagai provokator. Kini, semuanya diamankan di Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan.

Soal aktor politik di belakang aksi demonstrasi, menurut Tito, seluruhnya masih dalam proses penyelidikan. Saat ditanya apakah aksi demonstrasi 4 November didanai pihak luar, "Masih diselidiki terkait support dana dari luar,” katanya.

Sementara itu, untuk proses gelar perkara kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Tito menjamin akan dilakukan terbuka sejak awal. "(Gelar perkara) terbuka dari awal. Terlapor bisa saja langsung atau diwakili oleh penasihat hukum," ujar Tito. (ase)
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP