TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Gunung Sinabung Erupsi dan Luncurkan Awan Panas Lagi

Erupsi capai ketinggian 1,5 km dan awan panas meluncur 700 meter.
Gunung Sinabung Erupsi dan Luncurkan Awan Panas Lagi
Gunung Sinabung kembali erupsi (VIVA.co.id/Putra Nasution)

VIVA.co.id – Pos Pemantau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi memantau aktivitas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali mengalami erupsi disertai luncuran dan guguran awan panas, Minggu 6 November 2016.

"Erupsi terjadi pada pagi tadi, pukul 07.46 WIB, dengan erupsi setinggi 1.500 meter dan awan panas sejauh 700 meter ke arah Tenggara Timur dari Gunung Sinabung," kata Deri, petugas Pos Pemantau PVMBG Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Dengan aktivitas Sinabung ini, PVMBG mengimbau, kepada seluruh masyarakat untuk menjauhi zona merah dan zona yang dilalui erupsi, serta awan panas dari gunung tersebut.

"Masyarakat dan wisatawan, agar tidak berada di dalam radius tiga kilometer dari puncak dan dalam jarak tujuh kilometer untuk sektor Selatan -Tenggara, dalam jarak enam kilometer untuk sektor Tenggara-Timur, serta dalam jarak empat kilometer untuk sektor Utara-Timur Gunung Sinabung," jelas Deri.

Selain itu, PVMBG mengimbau masyarakat untuk waspada atas bahaya lahar, terutama masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung.

"Selain erupsi dan APG (awan panas guguran), getaran juga terus terjadi berkali-kali. Saat ini, status Gunung Sinabung masih dalam level awas IV," kata dia.

Sebelumnya pada Rabu 2 November lalu, Gunung Sinabung juga meluncurkan awan panas, dengan ketinggian 2451 meter. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP