TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Menag Imbau Agar Kerukunan Beragama Tetap Terpelihara

Kerukunan beragama sudah menjadi karakter Indonesia.
Menag Imbau Agar Kerukunan Beragama Tetap Terpelihara
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin (VIVA.co.id/Yunisa Herawati)

VIVA.co.id – Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin melakukan gerak jalan untuk mensosialisasikan pesan damai kerukunan antarumat agama di area car free day, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu 7 November 2016.

Gerak jalan kerukunan beragama itu diikuti oleh perwakilan masing-masing agama di Indonesia. Kegiatan tersebut, dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-52 Parisadha Buddha Dharma Niciren Syosyu Indonesia, atau NSI.

"Gerak jalan kerukunan, bukan hanya senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran kita, tetapi tidak kalah penting ditujukan, agar kerukunan antarumat beragama tetap terpelihara," kata Lukman, saat meresmikan gerak jalan kerukunan beragama.

Menteri dari Partai Persatuan Pembangunan itu mengungkapkan bahwa kerukunan sudah menjadi karakter Indonesia. Sehingga, menurut dia, harus dijaga dan dirawat dengan baik untuk mempererat kerukunan antarumat beragama di Tanah Air.

"Cara kita memaknai agama menjadi penting untuk merajut, agar kita senantiasa rukun," ujar dia.

Lukman menegaskan, kerukunan antarumat beragama bisa terusik dan terganggu, lantaran agama sering dijadikan dasar tiap manusia untuk menilai perilaku orang lain. Seharusnya, agama menjadi dasar untuk bersikap kepada orang lain.

"Kita harus proaktif menghargai perbedaan yang ada pada orang lain, daripada menuntut orang lain yang berbeda itu menghargai kita. Kalau kita menghargai perbedaan orang lain, maka diyakini kita bisa hidup rukun dan damai," katanya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP