Daerah Diminta Bentuk Satgas Saber Pungli Sebelum 9 November

Ketua Pelaksana Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, Komjen Pol Dwi Priyatno.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syaefullah

VIVA.co.id – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar mendesak pemerintah daerah segera membentuk satgas serupa di wilayahnya masing-masing. Ditargetkan, pada 9 November 2016 nanti, seluruh daerah sudah membentuk tim yang bertugas menghilangkan praktik pungli di Indonesia.

KPK Eksekusi Sanksi Etik Eks Karutan Achmad Fauzi soal Kasus Pungli

"Kita berharap daerah cepat. Kita kasih target sampai 9 November," kata Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli, Komjen Pol. Dwi Priyatno di Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis, 3 November 2016.

Menurut Dwi, sampai enam bulan ke depan, pembentukan Tim Saber Pungli akan menjadi prioritas utama pemerintah. Dia juga mengaku telah mendapatkan laporan daerah yang sudah membentuk Tim Saber Pungli, di antaranya Sulawesi Utara, Lampung, serta Yogyakarta. 

Dua 'Bos' Pungli Rutan KPK Minta Maaf Usai Dijatuhi Sanksi Etik Dewas KPK

Dwi berharap, tim itu bisa segera bergerak memberantas pungli. Sebab tugas tim ini di daerah adalah membangun sistem dan mengoperasionalkan kegiatan pemberantasan pungli dengan satuan kerja yang ada di kementerian/lembaga.

Jika daerah telah membetuk tim itu, Dwi berharap pemberantasan pungli bisa berjalan simultan, efisien, efektif, dan terpadu. 

Eks Karutan KPK Achmad Fauzi Ajukan Praperadilan, KPK: Kami Tentu Siap Hadapi

"Kita berharap hasilnya bisa kelihatan bahwa sistem yang dibangun ini, baik pencegahan maupun penindakan bisa bersinergi. Karena kita harus melapor ke pak Presiden setiap tiga bulan minimal satu kali, atau pas ada hal-hal tertentu," ujarnya menambahkan.

(mus)

Operasi penindakan praktik pungli parkir di Terminal Depok

Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok

Empat orang diamankan diduga melakukan praktik pungutan liar (pungli) di Terminal Terpadu Depok Baru. Keempat orang itu diamankan oleh Tim Saber Pungli pada Jumat, 19 Apr

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024