Jelang Demo 4 November, Heli Berputar di Istana Negara

Helikopter berputar-putar di atas Istana Negara jelang aksi 4 November 2016.
Sumber :
  • Taufik Rahadian

VIVA.co.id – Persiapan pengamanan guna menghadapi unjuk rasa pada 4 November 2016, selain dilakukan Kepolisian juga dilakukan TNI. Skenario pengamanan untuk mengantisipasi dilakukan hingga di sekitar Istana Negara pada Kamis, 3 November 2016.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Dari pantuan, sudah sejak pagi ada helikopter yang bergantian terbang mengitari langit yang berada tepat di atas kompleks Istana Kepresidenan. Kemunculan pertama helikopter sekitar pukul 13.30 WIB. Helikopter dengan tulisan TNI AD itu nampak terbang rendah dan dekat dengan kawasan kompleks Istana. Kemudian ada helikopter yang membawa sejumlah anggota TNI juga terlihat beberapa kali berputar mengitari kawasan Istana.

Secara terpisah, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat, Brigjen TNI MS Fadilah membenarkan, bahwa helikopter yang dimaksud, adalah milik dari TNI AD. Pemantauan udara menggunakan helikopter dilakukan untuk antisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

"Namanya antisipasi saja, latihan-latihan untuk pencegahan saja," kata Fadilah, saat dihubungi wartawan, Kamis 3 November 2016.

Menurut Fadilah, langkah antisipasi diambil lantaran pihaknya ingin bersiap dalam menghadapi semua kemungkinan yang akan terjadi dalam aksi besok. Dia menegaskan bahwa langkah yang dilakukan itu adalah demi kenyamanan semua masyarakat.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

"Yang dikhawatirkan itu kan jika ada unsur lain yang menyulut, namanya kondisi psikologi massa itu susah. Kalau ada orang-orang yang memanfaatkan untuk berbuat aneh-aneh. Kami justru ingin memberikan ketenangan bagi semua," kata Fadilah.

Kapolda Sumut, Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi saat memimpin Rakor persiapan pengamanan Idul Fitri 1445 H di Markas Polda Sumut.(dok Polda Sumut)

Irjen Agung Setya Kerahkan 12.092 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Sumut

Sebanyak 12.092 personel gabungan TNI/Polri dalam pengamanan arus mudik hingga perayaan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024, di Sumatera Utara. Termasuk mendirikan ratus

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024