TBBM Bitung Tanam 100 Pohon Bitung

TBBM Bitung Tanam 100 Pohon Bitung
Sumber :

VIVA.co.id – Operation Head Terminal BBM Bitung, Verie Lumintang bersama Wakil Walikota Bitung, Mauritis Mantiri melakukan penanaman simbolis 100 pohon bitung (Oncosperma tigillarium)  di lingkungan Terminal BBM Bitung, Sulawesi Utara.

Kinerja Produksi PGE Kuartal III-2023 Meningkat 4,3 Persen

“Bibit pohon jenis bitung dipilih sesuai dengan nama kota Bitung. Selain untuk melestarikan pohon yang menjadi cikal bakal kota Bitung, kegiatan ini juga diharapkan dapat menunjang penilaian Terminal BBM Bitung untuk masuk ke dalam Proper Hijau,” ujar Verie.

Menurutnya, terminal BBM Bitung sudah tiga tahun berturut-turut mendapatkan predikat Proper Biru.

Penandatanganan Perjanjian Way Ratai, Kerja Sama Chevron dan PT Pertamina Geothermal Energy Tbk

Dia mengatakan pihaknya juga sengaja melibatkan Pemerintah Kota Bitung dalam kegiatan ini untuk menunjukkan bahwa Pertamina juga ikut berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam di lingkungan kota Bitung.

Terminal BBM Bitung menyuplai kebutuhan BBM di Sulawesi Utara dan sekitarnya sampai dengan kepulauan terluar di utara Sulawesi dengan total truput harian sekitar 2.600 KL mencakup produk Premium, Solar, Kero, Avtur, Pertamax dan Pertalite.

Pertamina Geothermal Energy Jajaki Kerja Sama dengan AGIL, Kembangkan Konsesi Longonot di Kenya

Beberapa sumber menyebutkan penamaan kota Bitung diambil dari nama sebuah pohon yaitu pohon Bitung. Pohon ini oleh para nelayan biasanya dijadikan tempat berlindung dari arus kencang saat sedang melaut.

Bitung (Oncosperma tigillarium syn. O. filamentosum) adalah sejenis palma yang tumbuh di rawa-rawa Asia Tenggara, mulai dari Indocina hingga Kalimantan.

Tumbuhan ini berupa pohon dengan bentuk khas palma: batang tidak atau jarang bercabang, dapat mencapai 25m, dapat memunculkan anakan yang rapat, membentuk kumpulan hingga 50 batang. Batang dan daunnya terlindungi oleh duri keras panjang berwarna hitam. Daunnya tersusun majemuk menyirip tunggal (pinnatus) yang berkesan dekoratif.  (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya